KPU Tetapkan Anak Pramono Anung Jadi Bupati, Dhito-Mariya Fokus Turunkan COVID

Andhika Dwi - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 15:00 WIB
Ditetapkan KPU, Mas Dhito-Mba Mariya Fokus Turunkan Angka COVID-19
Foto: Andhika Dwi
Kediri -

KPU Kabupaten Kediri menetapkan Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa sebagai bupati dan wakil bupati. Mereka mengaku akan fokus penurunan dan penanganan COVID-19.

Selain penanganan COVID-19, Mas Dhito-Mba Mariya telah melakukan komunikasi dan turun ke sejumlah dinas di Pemkab Kediri.

"Kami tetap mengutamakan penanganan COVID-19, karena untuk wilayah Kabupaten Kediri masih pada zona oranye yang sewaktu-waktu bisa berubah kembali ke zona merah. Dan nanti setelah kami dilantik seratus hari pertama kami akan berupaya agar Kabupaten Kediri bisa berubah pada zona hijau," kata Mas Dhito, Jumat (22/1/2021).

Mas Dhito menambahkan terkait program kerja blusukan masih menjadi prioritas. Untuk 100 hari pertama program kerja, sudah tertata dan tetap fokus pada permasalahan COVID-19.

"Jadi yang jelas untuk gebrakan 100 hari pertama kami akan tetap fokus COVID-19, saya yakin semua kepala daerah yang ditetapkan pada bulan ini atau dilantik pada bulan-bulan yang akan datang, yang tadinya punya program 100 hari pertama soal memajukan pertanian, pariwisata dan infrastruktur, semua akan berubah karena COVID-19. Jadi gebrakannya fokus ke COVID-19," tandas Mas Dhito.

Sementara Komisioner KPU Kabupaten Kediri Bidang Teknis, Anwar Ansori mengaku penetapan ini sudah sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan sebelumnya

"Acara kali ini menetapkan didasarkan pada BRPK dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang dikirimkan ke KPU RI. Kemudian KPU RI mengirimkan surat ke KPU daerah untuk proses penetapan," jelas Anwar.

Selanjutnya, pihaknya akan menyampaikan hasil penetapan ini ke DPRD Kabupaten Kediri.

"Alhamdulillah sudah selesai penetapan ini, kemudian hasilnya akan disampaikan DPRD ke Kemendagri untuk selanjutnya dilantik Gubernur Jawa Timur," imbuh Anwar.

Dengan penetapan ini, pasangan terpilih yakni Hanindhito Himawan Pramana sebagai Bupati dan Dewi Maria Ulfa sebagai Wakil Bupati Kediri. Pilbup Kediri 2020, pasangan Dhito-Dewi merupakan calon tunggal pada 9 Desember 2020 melawan kotak kosong.

Acara penetapan dihadiri Forkopimda Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono, Komandan Kodim 0809/Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno dan Kapolresta Kediri AKBP Eko Prasetyo serta undangan partai politik.

(fat/fat)