62.240 Paket Bansos Polda Jatim untuk Korban Bencana Tiba Banjarmasin

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 11:52 WIB
62.240 Paket Bantuan Korban Banjir dari Polda Jatim Tiba Banjarmasin
Foto: Istimewa
Surabaya -

Paket bansos korban banjir di Banjarmasin, Kalsel dari Polda Jatim tiba, Kamis (21/1). Paket yang dikirim 3 hari lalu diterima Kapolda Kalsel Irjen Rikhwanto.

Paket tersebut sebanyak 62.240 yang dibawa 10 truk yang masing-masing berisi 6.224. Rencananya, bantuan tersebut akan segera dibagikan ke sejumlah daerah terdampak melalui polres jajaran Polda KalSel.

"Bantuannya hari ini tiba di Banjarmasin dan hari ini pula langsung kami distribusikan ke sejumlah wilayah yang membutuhkan," ujar Kapolda Kalsel Irjen Rikhwanto, Jumat (22/1/2021).

"Saya mewakili rakyat Kalimantan Selatan dan anggota Polda Kalsel yang juga banyak terdampak banjir mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Pak Nico dan jajaran Polda Jatim. Tentunya bantuan ini sangat bermanfaat bagi korban banjir," tutur Rikhwanto.

Rikhwanto menambahkan, pada tahap pertama penyaluran, Polda Kalsel akan memfokuskan pendistribusian bantuan Polda Jatim ke wilayah terdampak banjir. Di antaranya di Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dan Kabupaten Tanah Laut serta akan dibagikan pula kepada personel Polda Kalsel yang juga terdampak banjir.

Adapun paket yang akan dibagikan kepada korban banjir tersebut berisi berbagai kebutuhan sehari-hari. Antara lain sembako, perlengkapan bayi, sabun dan handuk. Ada juga hans sanitizer serta masker.

Tak hanya paket, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta dan Ketua Bhayangkari Daerah Jatim Ibu Ully Nico Afinta juga menyumbangkan uang senilai Rp 250 juta. Uang tersebut merupakan hasil sumbangan sukarela dari anggota Bhayangkari.

AKBP Rofikoh selaku perwakilan Polda Jatim dalam penyerahan itu mengucapkan duka dan empati para korban. Tak lupa, ia juga menyampaikan salam dari Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta kepada anggota polisi dan korban dalam bencana banjir ini.

"Pak Nico titip salam bagi rakyat Kalsel dan anggota Polda Kalsel di mana beliau pernah bertugas di sini," tandas Rofikoh.

(fat/fat)