PPKM Diperpanjang, Operasi Yustisi Terus Digalakkan di Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 11:13 WIB
ppkm di surabaya
Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Polisi bersama tiga pilar terus melakukan operasi yustisi protokol kesehatan selama pandemi COVID-19. Dan selama PPKM diperpanjang, kegiatan pendisplinan terus ditingkatkan.

Salah satunya razia masker yang dilakukan di berbagai pasar Surabaya yang diikuti detikcom, di Pasar Kendangsari. Dari pantuan, para petugas menggelar razia di depan pasar. Aktivitas penjual dan pedagang tidak luput dari pantuan petugas.

Namun saat petugas menggelar razia di jalan depan pasar, ada pelanggar yang tidak menggunakan masker. Untuk usia dewasa langsung ditilang KTP dan membayar denda administratif Rp 150 ribu ke bank yang telah ditentukan. Sedangkan yang masih berstatus pelajar diberi saksi berupa push up.

Salah satu pelajar yang melanggar tidak menggunakan masker mengaku terburu-buru mau berangkat magang.

"Lupa pak, tadi mau beli tapi nggak ada," kata pelajar tersebut saat ditanya petugas di Pasar Kendangsari, Jumat (22/1/2021).

Namun pelajar tersebut akhirnya mengaku tidak memakai masker dari rumah, karena tidak punya masker dan tidak mampu beli, lantaran orangtuanya pekerjaannya sebagai tukang mengangkut sampah.