Gunung Raung Erupsi, Status Ditingkatkan Menjadi Waspada Level II

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 16:21 WIB
Status Gunung Raung Ditingkatkan Menjadi Waspada (Level II)
Status Gunung Raung ditingkatkan jadi waspada level II/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Aktivitas Gunung Raung di Banyuwangi ditingkatkan dari Normal (level I) menjadi waspada (level II). Peningkatkan status ini setelah Gunung Raung mengalami erupsi.

Hal ini merujuk pada keputusan dalam surat edaran Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia nomer 16.Lap/GL.05/BVG/2021, yang dikeluarkan Kamis (21/1/2021).

Dalam surat tersebut, hasil evaluasi dan pemantauan visual dan instrumental menunjukan adanya gejala kenaikan aktivitas. Maka tingkat aktivitas vulkanik Gunung Raung dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada), terhitung tanggal 21 Januari 2021, pukul 13:00 WIB.

Pemantauan secara intensif akan terus dilakukan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi untuk antisipasi adanya kenaikan kegiatan yang lebih signifikan.

"Berdasarkan surat edaran Badan Geologi Kementerian ESDM, status Gunung Raung sudah ditingkatkan ke level II waspada pada jam 1 siang tadi," kata Petugas Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Raung, Burhan Alethea kepada detikcom, Kamis (21/1/2021).

Status Gunung Raung ditingkatkan ke level waspada karena gempa tremor terus terjadi hingga saat ini.

"Gempa tremor terekam sejak tadi malam sampai sekarang tidak ada jedanya. Sampai jam 12 siang tadi, terjadi 53 kali tremor. Untuk hembusan terjadi sebanyak 19 kali," kata Burhan.

Dalam tingkat aktifitas Level II (waspada), kata Burhan, maka direkomendasikan agar masyarakat,pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktifitas dalam radius dua kilometer dari pusat erupsi kawah puncak.

"Kita sudah sampaikan kepada Pemerintah daerah dan BPBD Banyuwangi. Bahwa tidak boleh ada aktifitas dalam radius dua kilometer dari pusat erupsi," tegasnya.

Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Raung di Kampung Mangaran, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan/atau dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.

Gunung Raung terakhir mengalami erupsi pada Kamis (16/7/2020). Saat itu asap coklat terlihat jelas keluar dari puncak kawah. Pada Jumat (17/7/2020) pukul 14.00 Wib, status Gunung Raung resmi dinaikkan PVMBG dari level I (normal) menjadi level II (waspada).

PVMBG kemudian terus melakukan evaluasi terhadap status Gunung Raung. Lalu terhitung pada 27 November 2020, Gunung purba tersebut turun statusnya dari Level II (waspada) ke level I (normal).

Simak video 'Benarkah Erupsi Gunung Efek Global Warming? Begini Faktanya!':

[Gambas:Video 20detik]



(bdh/bdh)