Hujan Semalaman, Dua Kecamatan di Bojonegoro Diterjang Banjir

Ainur Rofiq - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 11:54 WIB
Banjir di Bojonegoro
Banjir menerjang dua kecamatan di Bojonegoro (Foto: Ainur Rofiq/detikcom)
Bojonegoro -

Hujan mengguyur sejak Rabu (20/1) sore membuat beberapa kawasan di wilayah Bojonegoro banjir. Saat ini ada dua kecamatan yang banjir. Yakni Kecamatan Kapas dan Kecamatan Bojonegoro. Serta sebuah jembatan akses warga Desa Jati Blimbing dan Desa Ngraseh Kecamatan Dander ambrol.

Di Kecamatan Bojonegoro, banjir juga terjadi di dua pemukiman warga sekitar perhutani. Yakni, Desa Sukorejo dan Pacul. Bahkan beberapa perumahan juga tergenang banjir.

Ratusan rumah warga di pemukiman rata-rata tergenang air setinggi 50 cm hingga 1 meter. Banjir langganan ini datang dini hari sekitar pukul 03.00 WIB, Kamis ( 21/1/2021).

"Tadi mulai dari jam tiga pagi air masuk Perumahan Kalianyar dan akses Jalan Kalianyar. (Kawasan) Wedi banyak yang tergenang juga," jelas Muklas, salah satu warga Perum Kalianyar.

Selama ini, jelas dia, banjir biasanya hanya di jalanan saja. Namun pagi ini banyak rumah-rumah warga yang tergenang air hingga ketinggian 40 cm di dalam rumah.

"Ini air genangan masih naik terus kayaknya. Karena sungai irigasi masih penuh dan meluber ke jalan," imbuh Muklas.

Sementara banjir juga menggenangi Jalan Raya Bojonegoro - Babat, tepatnya di sekitar Jembatan Kalianyar. Genangan banjir setinggi 20 cm sepanjang 200 meter. Para pengguna jalan terpaksa harus berjalan pelan melewati jalan raya tersebut.

Sementara petugas BPBD Bojonegoro Yudi membenarkan peristiwa tersebut. "Iya banjir d beberapa titik saat ini, karena intensitas hujan sangat tinggi mulai kemarin hingga tengah malam," tegasnya.

Hingga pukul 11.30 WIB, warga masih mengevakuasi harta bendanya ke tempat yang lebih aman.

(fat/fat)