Pembakar Mobil Via Vallen Dituntut Tiga Tahun Penjara

Suparno - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 17:24 WIB
Sidang kasus pembakaran mobil Via Vallen kembali digelar. Dalam sidang dengan agenda pembacaan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU), terdakwa Pije (41) dituntut 3 tahun penjara.
Sidang kasus pembakaran mobil Via Vallen/Foto: Suparno

"Kami sudah mendengar melalui virtual bahwa terdakwa keberatan. Maka saya minta waktu satu minggu untuk menyusun pledoi," kata Diah di PN Sidoarjo.

Diah menjelaskan, selain itu secepatnya pihaknya akan menemui terdakwa di Lapas Kelas II A Sidoarjo, untuk koordinasi. Oleh JPU terdakwa dituntut Pasal 187 tentang pembakaran.

"Dengan tuntutan tiga tahun penjara, sidang akan digelar dengan agenda pledoi pada Senin (25/1)," jelas Diah.

Di tempat yang sama, Mella Rossa juga merasa tidak puas dengan tuntutan dari JPU tersebut. Menurutnya terlalu ringan. Tidak sesuai dengan perilaku pembakaran dan membahayakan orang lain.

"Mobil milik Kakak Via itu kan mahal. Selain itu terdakwa ini membakarnya memakai BBM, kan bahaya kalau meledak kan mengancam nyawa seseorang. Sekali lagi secara pribadi merasa pasrah, mendengar tuntutan yang hanya tiga tahun itu aku merasa lemes," kata Mella.

Pembakaran mobil Via Vallen terjadi pada Selasa (30/6/2020) sekitar pukul 03.00 WIB. Saat itu mobil Toyota Alphard warna putih bernopol W 1 VV miliknya tengah diparkir di samping rumah di Desa Kalitengah, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo.


(sun/bdh)