Bertanam Aligator Yuk! Alpukat Varietas Baru dari Blitar Sebesar Kepala Bayi

Erliana Riady - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 10:09 WIB
alpukat aligator
Alpukat aligator segede kepala bayi seberat 2 kg (Foto: Erliana Riady)
Blitar - Petani di Blitar berhasil membuat varietas baru tanaman alpukat. Varietas baru bernama Aligator ini menghasilkan buah sebesar kepala bayi dengan berat bisa mencapai 2 kg.

Aligator adalah hasil stek silang antara alpukat Thailand dengan lokal. Seorang petani milenial melakukan uji coba silangan tanaman ini bertahun-tahun hingga berhasil membuahkan buah dengan kualitas dan kuantitas maksimal.

Dia adalah Muhammad Iskandar, petani dari Desa Pojok, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Ilmu dari sang ayah sebagai penggagas petani maju di Blitar ini membuat pria berusia 35 tahun ini punya tanggung jawab moral untuk meneruskannya.

"Saya ingin petani Blitar maju bersama. Karena profesi ini, pekerjaan kembali ke alam yang jika dikelola dengan bagus akan mendapatkan keuntungan besar," ujar Kandar kepada detikcom, Senin (18/1/2021).

alpukat aligatorFoto: Erliana Riady

Keberhasilan menciptakan alpukat Aligator ini berangkat dari keprihatinan agenda dinas terkait yang tidak ada kemajuan. Kalaupun membagikan bibit juga tidak berkualitas dan tidak ada pendampingan penjualan hasil pertanian di Blitar. Alumni Fakuktas Hukum Unisba Blitar ini tergerak untuk menciptakan varietas baru tanaman produktif yang unggul.

"Saya ubah mindset. Jadi berkebun dengan cara yang bagus. Saya pakai tabulapot untuk menanam, treatmennya pakai sistem drip kalau jumlah tanaman banyak. Dan semua bahan treatment full organik, dari bahan alam yang ada. Jadi minim lahan, treatment dan biaya," ulasnya.

Kandar mengklaim bibit alpukat Aligator sudah bisa dipanen dalam jangka tanam 2 tahun. Lebih cepat dari tanaman alpukat lokal, yang umumnya baru bisa dipanen setelah 4 tahun masa tanam.

Selanjutnya
Halaman
1 2