Mahasiswa UB Kediri Racik Kopi dan Mangga Podang hingga Raih Medali

Andhika Dwi - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 14:21 WIB
Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Kediri meraih gold medal dan penghargaan platinum di 7 negara. Tujuh negara itu berada di Benua Eropa, Amerika dan Afrika.
Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Kediri, Faiz Arsyad/Foto: Istimewa
Kediri -

Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Kediri meraih gold medal dan penghargaan platinum di 7 negara. Tujuh negara itu berada di Benua Eropa, Amerika dan Afrika.

Mahasiswa ini yakni Faiz Arsyad. Mahasiswa Fakultas Pertanian UB Kediri ini menemukan racikan kopi dan mangga, dalam sebuah varian kopi bernama Masco.

Masco merupakan label kopi kulit mangga (Mango Peels Coffee, Innovation of Healthy Arabica Coffee Drinks Based on Zero Waste System). Masco merupakan kombinasi ekstrak kulit mangga podang khas Kediri dengan kopi Arabika, dengan prinsip zero waste/bebas limbah.

"Mangga podang adalah tipe mangga khas Kediri. Tingginya produksi dan konsumsi mangga menghasilkan limbah berupa kulit yang tidak termanfaatkan. Sehingga ia memanfaatkan kulit mangga ini menjadi minuman," kata Faiz Arsyad, Sabtu (16/1/2021).

Dengan Masco, Faiz meraih grand prize, gold medal dan penghargaan platinum di 7 negara Benua Eropa, Amerika, dan Afrika. Salah satunya di International Invention and Trade Expo (IITEXPO), London, Inggris pada 2020.

Meskipun digelar secara daring, ia berhasil menyisihkan ratusan inovator dari 60 negara. "Salah satu yang membuatnya menang adalah mengangkat kearifan lokal melalui penggunaan bahan baku asli Indonesia," terang Faiz.

Kopi arabika sudah dikenal di kalangan penikmat kopi. Dengan sedikit rasa asam, jenis kopi ini juga menjadi favorit penikmat kopi dunia. Namun, bagaimana jika kopi dicampur dengan mangga podang?

Selanjutnya
Halaman
1 2