Pemkot Target Rampungkan Vaksinasi COVID-19 ke Nakes Tiga Minggu

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 08:18 WIB
Pemkot Target 3 Minggu Rampungkan Vaksinasi Kepada Nakes
Kepala Dinkes Surabaya Febria Rachmanita (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Plt Wali Kota Whisnu Sakti Buana dan Forkopimda divaksin pertama di Balai Kota Surabaya, Jumat (15/1/2021). Selanjutnya dilakukan vaksinasi pada tenaga kesehatan (Nakes). Nantinya vaksinasi ke nakes ditarget rampung selama tiga pekan.

Pada tahap pertama vaksinasi, sebanyak 32.023 nakes akan divaksin. Nakes tersebut pastinya sudah terdaftar dan lolos dari assesment.

"Kita ada 33.023 yang sudah terdaftar. Selesai dalam waktu tiga minggu," kata Kepala Dinkes Surabaya Febria Rachmanita di GFK, Kamis (14/1/2021).

Untuk tenaga vaksinator, jelas dia, ada 839 orang. Mereka ditugaskan khusus untuk menyuntikkan vaksin kepada nakes dan masyarakat.

"Kita kemarin menyiapkan 830, tapi kita ada cadangan 9 orang, jadi jumlah total ada 839 orang khusus yang menyuntik vaksin. Tapi total semuanya sekitar 2000-an. Jadi ada petugas di meja admin, meja penyuntikan atau meja ketiga, dan meja keempat," jelasnya.

Terkait distribusi vaksin ke RS atau fasilitas layanan kesehatan (Fayankes), Feny sapaan akrabnya menyebut, akan dibawa menggunakan vaksin carrier. Boks pembawa vaksin ini bisa digunakan untuk menyimpan vaksin dalam suhu dingin untuk sementara waktu ketika akan dikirim ke tempat yang lain. Setidaknya Dinkes Surabaya memiliki 1.177 vaksin carrier.

"Pencanangan vaksin akan dilakukan tanggal 15 Januari 2021. Untuk nakes kemungkinan minggu depannya tergantung sms blast dari pusat. Nanti kita akan lihat di aplikasi itu masing-masing rumah sakit dapat berapa. Sehingga saat distribusi vaksin sesuai dengan data yang ada di pusat. Dari 33.023 orang itu diperkirakan selesai dalam waktu dua minggu," pungkasnya.

(fat/fat)