Vaksinasi COVID-19 Jatim Digelar di Grahadi

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 19:37 WIB
COVID-19 di Jawa Timur
Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

Proses vaksinasi COVID-19 di Jawa Timur dimulai besok, Kamis (14/1/2021). Lokasi vaksinasi dilakukan di Gedung Negara Grahadi, bukan RSU dr Soetomo.

"Menyampaikan arahan Bu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa) bahwa besok (Kamis) pagi, untuk vaksin yang pertama dilaksanakan di Grahadi," ujar Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono saat memberi keterangan kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi, Rabu (13/1/2021).

Heru mengaku ada beberapa pertimbangan soal vaksinasi dilakukan di Gedung Negara Grahadi dan tidak jadi dilakukan di RSU dr Soetomo. Salah satunya memberi pesan ke masyarakat.

"Setelah beberapa hal dipertimbangkan, vaksinasi dilakukan di Grahadi untuk memberi informasi juga ke masyarakat. Tahapan vaksin juga sudah siap (di Grahadi)," jelasnya.

Meski dilakukan di Grahadi, Heru memastikan segala SOP Safety saat proses vaksinasi sudah dipersiapkan. Seperti mini ICU, ambulance yang siaga ke RSU dr Soetomo.

Lalu juga disiapkan 4 meja berjajar di teras Gedung Grahadi. Meja 1 untuk para penerima vaksin registrasi pendaftaran. Lalu di meja ke-2, ada proses pengecekan untuk calon penerima vaksin akan mengisi 16 pertanyaan terkait kondisi kesehatannya.

Usai itu, di meja ke-3, calon penerima akan memulai proses vaksinasi. Dan di meja ke-4, calon penerima vaksin akan diobservasi usai menerima vaksin.

(fat/fat)