Jokowi Vaksinasi Perdana, Ini Respons PWNU dan MUI Jatim

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 16:21 WIB
Ketua PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar
Ketua PWNU Jatim (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

Presiden Jokowi menjalani vaksinasi COVID-19 di Istana Kepresidenan. Jokowi menerima suntikan pertama vaksin CoronaVac dari Sinovac.

Atas vaksinasi itu, PWNU Jatim mengaku akan mendukung program pemerintah sepenuhnya. Dukungan itu ditandai dengan membuat seruan kepada seluruh pengurus untuk mengajak dan mensukseskan vaksinasi.

"Saya siap membantu program pemerintah didalam penerapan PPKM dan Vaksinasi covid-19. Selain itu saya juga mengajak masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi COVID-19," kata Ketua PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar usai bertemu Kapolda Irjen Nico Afinta, Rabu (13/1/2021

Hal senada diungkapkan Ketua MUI Jatim KH Hasan Mutawakkil Alallah. Dia berharap seluruh masyarakat mau mendukung program vaksinasi pemerintah maupun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Saya berharap masyarakat Jawa Timur mendukung program pemerintah, baik itu vaksinasi maupun PPKM," tutur Kiai Hasan.

Sedangkan mengenai kehalalan vaksin, terang Kiai Hasan, masyarakat diimbau tak ragu. Sebab vaksin tersebut telah mendapat sertifikasi halal dari MUI Pusat.

"Vaksinasi COVID-19 ini sudah halal sesuai dengan fatwa MUI Pusat, dan saya berharap kepada MUI di Kabupaten dan kota mendukung sepenuhnya vaksinasi COVID-19," tandas Kiai Hasan.

(fat/fat)