Polri-TNI Bersenjata Amankan Gudang Farmasi Penyimpan Vaksin COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 15:20 WIB
Tempat Penyimpanan Vaksin COVID-19 di Surabaya Dijaga Ketat 24 Jam
Gudang farmasi penyimpanan vaksin COVID dijaga ketat (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Dinkes Jatim hari ini mendistribusikan vaksin COVID-19 di Gudang Farmasi Kesehatan (GFK) milik Dinkes Surabaya sebanyak 15 ribu dosis. Pengiriman dilakukan secara bertahap. Selanjutnya akan didistribusikan lagi pada Jumat (22/1).

Ada 8 boks vaksin COVID-19 yang tersimpan di coolrom gudang farmasi berisi 15ribu vaksin. Tiap boksnya berisi 1.900 vaksin.

Sementara petugas TNI-Polri bersenjata mengamankan gudang tersebut hingga pelaksanaan vaksinasi, Jumat (15/1) berjalan dengan lancar.

Kapolsek Rungkut, AKP Hendry Ibnu Indarto mengatakan, pengamananan vaksin COVID-19 sinovac di GFK Jalan Rungkut Puskesmas No 7 ini akan dimaksimalman bersama petugas gabungan. Yakni Polrestabes Surabaya, Polsek Rungkut dan Koramil Rungkut. Petugas keamanan akan mengoptimalkan pengamanan gedung, CCTV dan keamanan.

"Intinya kita tetap amankan untuk gudang farmasi supaya dalam pendistribusian bisa lancar dan terdistribusi ke masyarakat dengan baik," kata Hendry kepada wartawan di lokasi, Rabu (13/1/2021).

"Pengamanan 24 jam tetap ada, anggota yang berjaga dan berseragam lengkap dilengkapi senjata," ujarnya.

Personel yang diterjunkan dalam pengamanan vaksin COVID-19 ada 10 orang. Sementara yang boleh keluar masuk hanya petugas dari dinas kesehatan saja.

"Yang boleh keluar masuk nanti hanya dinas kesehatan," ujarnya.

Sementara Kepala Dinkes Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, penyimpanan vaksin sinovas sendiri ditaruh di cold room dengan suhu yang telah diatur. Persiapan untuk Jumat (15/1)pun puhaknya sudah siap di Balai Kota Surabaya.

"Vaksin kita simpan di cold room 2-8⁰ celcius. Untuk tanggal 15 kami siap," pungkasnya.

(fat/fat)