Tiga Daerah di Jatim Akan Lakukan Vaksinasi 14 Januari, Ini Detailnya

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 11:30 WIB
Vaksin COVID-19 produksi Sinovac
Vaksin COVID-19 (Foto file: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

Proses vaksinasi di Jawa Timur akan dimulai Kamis (14/1) besok. Untuk 77.760 dosis vaksin di tahap pertama, termin 1 akan difokuskan di Surabaya Raya.

"Dengan adanya kepastian bahwa vaksin ini aman dan efektif dengan dikeluarkannya izin oleh BPOM dan halal dari MUI, kami semakin yakin untuk segera tancap gas untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19. Prioritas tahap pertama sesuai surat dari Kementerian Kesehatan adalah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik (Surabaya Raya)," ujar Gubernur Jaitm Khofifah Indar Parawansa, Rabu (13/1/2021).

Saat ini di Jatim terdapat 77.760 dosis vaksin. Vaksin COVID-19 tersebut akan digunakan untuk vaksinasi tahap pertama, termin 1 di bulan Januari untuk nakes yang merawat para pasien COVID-19 di Jatim. Sesuai rencana, vaksinasi di Jatim akan dimulai 14 Januari besok di RSUD dr Soetomo.

Tim Kuratif Satgas COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril mengatakan, yang divaksin adalah pejabat-pejabat pemprov yang sudah diusulkan. Seperti Wagub Jatim Emil Dardak, Dirut RSU dr Soeotomo dr Joni Wahyuhadi. Ada juga nama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta hingga Pangdam V Brawijaya, Mayjen Suharyanto.

"Besok mulai di Soetomo untuk nama-nama yang diusulkan ke Kemenkes RI. Itu nama yang diusulkan ya, belum tentu jadi nantinya nama itu, tergantung arahan terakhir," terangnya.

Usai itu, pada Jumat (15/1), kepala daerah di Surabaya Raya yakni Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono akan menjalani vaksinasi. Sementara, Bupati Gresik Sambari akan diwakilkan, karena dirinya sudah terpapar COVID-19.

Untuk alokasi dosis vaksin, Kota Surabaya menerima 33.420 dosis. Gresik menerima 5.920 dosis dan Sidoarjo menerima 8.720 dosis.

Tonton video 'Kemenag Serahkan Sertifikat Halal Vaksin Corona ke Bio Farma':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)