Hujan Deras 2 Jam Bikin Jalanan Bojonegoro Terendam

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 21:28 WIB
banjir di bojonegoro
Air menggenangi jalan di Bojonegoro (Foto: Ainur Rofiq)
Bojonegoro -

Sejumlah ruas jalan di Kota Bojonegoro malam ini tergenang air. Genangan tercipta akibat hujan deras dua jam.

Derasnya hujan yang mengguyur kota Bojonegoro terjadi sekitar pukul 18.30 hingga pukul 20.00 WIB. Selepas hujan deras, hujan masih mengguyur meski kurang deras.

Beberapa ruas jalan yang tergenang adalah Jalan Pattimura. Di lokasi ini genangan mencapai sekitar 40-50 cm. Jalan panglima polim tergenang air 20-30 cm, jalan Untung Suropati juga tergenang 30-40 cm pada beberapa titik.

Selain itu, genangan air juga ada di Jalan Panglima Sudirman persisnya mulai pertigaan makan pahlawan hingga perempatan Jalan Setyobudi. Bahkan halaman rumah dinas Wakil Bupati Bojonegoro yang berada di dataran rendah tak luput dari genangan air hujan. Rata rata ruas jalan ini tergenang setinggi 40-50 cm.

"Iya langganan jadi genangan air kalau hujan deras. Ya memang satu sampai dua jam biasanya surut," ujar salah satu warga, Agus Susanto, kepada detikcom. Selasa ( 11/1/2021).

Banjir akibat genangan air hujan juga terjadi di Jalan Setyobudi dengan tinggi air mencapai 20-30 cm, Jalan Mastrip tergenang dengan ketinggian sekitar 20-40 cm, Jalan Pemuda tinggi air genangan 20-30 cm, dan Jalan Lettu Suyitno tergenang dengan ketinggian berkisar 10-20 cm.

BPBD Bojonegoro membenarkan adannya beberapa ruas alami tergenang air hujan karena intensitas tinggi meski hanya dua jam diguyur hujan.

"Air antre, begitu terang terus berangsur surut. Paling lama antara setengah jam hingga satu jam," ujar Kepala BPBD Bojonegoro Nadif Ulfa.

Banyaknya ruas tergenang membuat banyak kendaraan mogok karena nekat menerobos tingginya genangan air. Bahkan ada pula pengendara motor yang jatuh.

(iwd/iwd)