Bansos Tunai Kembali Turun, Begini Respons Warga Surabaya

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 14:50 WIB
Warga Surabaya Ambil BST di Kantor Pos
Warga penerima bansos (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Lebih 200 ribu warga Surabaya menerima Bantuan Sosial (Bansos) tunai Rp 300 ribu dari kemensos. Bantuan itu disalurkan melalui Kantor Pos Pusat Surabaya Jalan Kebon Rojo.

Pantauan detikcom di lokasi, mereka tampak antusias mengambil bantuan uang tunai sebesar Rp 300 ribu. Warga yang hendak mengambil bansos tunai, wajib membawa surat undangan serta KTP. Banyak juga warga yang membawa Kartu Keluarga (KK) di lokasi.

Antrean warga yang menerima bansos disesuaikan dengan nomor urut antrean masing-masing kelurahan. Tampak, ada banyak petugas dari kantor pos dan polisi yang menjaga lokasi agar warga tertib dan tidak berkerumun.

Salah satu warga penerima bansos tunai, Khusnul Yakin berharap, bantuan ini bisa diberikan secara berkala dan bisa meningkat jumlahnya.

"Saya baru tahu itu hari Sabtu (9/1) kemarin. Baru dikasih undangannya sama orang RT, RW. Ya saya datang hari ini, karena sesuai undangan. Bantuan ini lumayan membantu saat Corona gini," ujarnya kepada detikcom, Selasa (12/1/2021).

Warga penerima bansos tunai lainnya, Abdul Ghofur mengaku bantuan ini sangat bermanfaat. Namun, dia meminta pihak pemerintah memberikan langsung door to door, bukan menyuruh warga terutama lansia datang ke kantor pos dengan kemungkinan bertemu banyak orang.