Meski Sibuk Nafkahi Anak-Istri, Ponari Masih Obati Pasien Pakai Batu Petir

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 20:20 WIB
Dukun Cilik Ponari Kini Jadi Ayah
Keluarga kecil Ponari si dukun cilik/Foto: Istimewa
Jombang - Ponari si dukun cilik asal Jombang telah berumah tangga dan sibuk menafkahi anak istrinya. Meski begitu, ia masih mengobati pasien dengan batu petir miliknya.

Kini Ponari tinggal di rumah mertuanya di Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto, Jombang. Buah pernikahannya dengan Aminatus Zuroh (22), Ponari sudah mempunyai momongan.

Di sela kesibukannya bekerja dan membatu sang istri merawat bayinya, Ponari ternyata masih mengobati pasien menggunakan batu petir yang dia temukan 2009 silam. Batu tersebut disimpan baik oleh neneknya, Legi, di rumah orang tuanya di Dusun Kedungsari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Jombang.

"Pulang kerja kadang ditelepon disuruh pulang (ke Dusun Kedungsari) karena ada pasien. Pasiennya tidak menentu, kadang satu, kadang tiga, kadang tidak ada sama sekali dalam seminggu," terangnya.

Cara pengobatan yang dia berikan juga sama dengan masa kecilnya dulu. Yakni air minum yang dibawa pasien dicelupi dengan batu petir olehnya. Selanjutnya, air tersebut bisa diminum pasien dan dioleskan ke bagian tubuh yang sakit.