Ini Hasil Tes Swab Kontak Erat Kadinkes Jatim Usai Positif COVID-19

Amir Baihaqi - detikNews
Sabtu, 09 Jan 2021 14:06 WIB
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Jawa Timur dr Herlin Ferliana positif COVID-19
Kadinkes Jatim (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya - Kadinkes Jatim dr Herlin Ferliana positif COVID-19. Sejumlah orang yang pernah kontak erat langsung menjalani tes swab. Bagaimana hasilnya?

"Kemarin semua yang kontak erat dengan saya di-swab. hasilnya baru keluar. Semua keluarga dan driver rumah negatif," ujar Herlin saat dihubungi detikcom, Sabtu (9/01/2021).

Tak hanya keluarganya, lanjut Herlin, sejumlah sekretaris dan pegawai di Dinkes Jatim yang selama ini kontak erat juga ikut tes swab. Hasilnya, sama-sama negatif.

"Sekretaris, driver kantor yang tiap hari kumpul dengan aku, alhamdulillah negatif juga," terang Herlin.

Atas dasar itu, Herlin mengaku aktivitas di kantor Dinkes Jatim masih akan berjalan dan tidak akan diterapkan lockdown. Dirinya, jelas Herlin, meski diisolasi tetap bekerja dan mengendalikan Dinkes Jatim lewat virtual. Karena tidak ada gejala di tubuhnya.

"Jadi kantor akan berjalan seperti biasa dan aku kendalikan dari tempat isolasi, karena saya tidak bergejala," tandas Herlin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Jawa Timur dr Herlin Ferliana positif COVID-19. Usai dinyatakan positif, kadinkes langsung melakukan isolasi mandiri. Herlin mengaku dirinya dinyatakan positif COVID-19 pada hari Kamis (7/1). Sebab pada sehari sebelumnya ia menjalani menjalani tes swab.

Sehari sebelum menjalani tes swab, Herlin sempat melakukan wawancara dengan sejumlah wartawan, Senin (4/1). Wawancara berlangsung saat memberikan keterangan soal 77.760 dosis vaksin COVID-19 tiba di kantor Dinkes Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya.

"Tes swab hari Rabu (6/1), Kamis hasil keluar," terang Herlin.

Simak juga video 'Jadwal Vaksinasi COVID-19 di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)