Banyuwangi Belum Gelar Sekolah Tatap Muka dan Akan Verifikasi Ulang

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 13:37 WIB
Rencana sekolah tatap muka di Banyuwangi kembali dikaji. Itu dilakukan seiring naiknya kasus COVID-19.
Sekolah tatap muka di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Rencana sekolah tatap muka di Banyuwangi kembali dikaji. Itu dilakukan seiring naiknya kasus COVID-19.

Dinas Pendidikan Banyuwangi dan Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur sepakat memberikan waktu kepada sekolah untuk kembali mempersiapkan diri. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Banyuwangi, Istu Handono mengatakan, pihaknya masih belum mengizinkan 57 SMA/SMK menggelar sekolah tatap muka.

"Belum ada PTM (Pembelajaran tatap muka) ya. Kita masih lakukan pembelajaran online," ujarnya kepada wartawan, Senin (4/1/2021).

Untuk menggelar sekolah tatap muka, kata Istu, pihaknya masih menunggu rekomendasi dari Satgas COVID-19 Kabupaten Banyuwangi. "Kita masih menunggu hasil vidcon bersama Kepala BNPB dan kepala sekolah. Sementara KBM kita lakukan secara daring," tambahnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno mengatakan, pada dasarnya pihaknya ingin mengedepankan kesehatan dan keselamatan guru, orang tua, siswa dan masyarakat sebelum uji coba PTM digelar. Karena itu, PTM di Banyuwangi belum bisa digelar tepat pada 4 Januari 2021. Dinas Pendidikan memberikan waktu kepada sekolah dan Satgas COVID-19 Kecamatan untuk melakukan verifikasi ulang.