Antisipasi Arus Balik Libur Nataru, Daop 8 Tambah KA dan Petugas Rapid Antigen

Amir Baihaqi - detikNews
Sabtu, 02 Jan 2021 12:48 WIB
PT KAI Daop 8 memprediksi puncak arus balik libur Nataru 2021 akan terjadi hari ini dan besok. Mengantisipasi hal itu, Daop 8 telah menyiapkan 2 KA tambahan dan melipatgandakan personel untuk rapid antigen.
Penumpang di Stasiun Gubeng/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - PT KAI Daop 8 memprediksi puncak arus balik libur Nataru 2021 akan terjadi hari ini dan besok. Mengantisipasi hal itu, Daop 8 telah menyiapkan 2 KA tambahan dan melipatgandakan personel untuk rapid antigen.

"Betul, kami prediksi hari ini akan terjadi lonjakan arus balik. Sesuai prediksi tanggal 2 dan 3," ujar Manager Humas Daop 8, Suprapto kepada detikcom, Sabtu (2/1/2021).

Sedangkan mengantisipasi lonjakan penumpang, lanjut Suprapto, pihaknya telah menyiapkan dua KA tambahan yakni KA Sembrani dan Gajayana. Kedua kereta itu akan beroperasi pada Minggu (3/1) besok.

"Untuk persiapan arus balik, kita telah menambah 2 perjalanan kereta api untuk relasi dari Pasar Turi tujuan Gambir Jakarta yakni KA Sembrani tambahan," tuturnya.

"Kalau dari Malang yakni KA Gajayana tambahan relasi tujuan Gambir Jakarta. Kita operasional tanggal 3 Januari 2021," tambah Suprapto.

Sedangkan untuk menghindari antrean saat rapid antigen, Daop 8 akan melipatgandakan personel kesehatan. "Untuk petugas di 5 titik stasiun yang ada pelayanan rapid antigen, kami tambahkan dua kali lipat dari sebelumnya. Contohnya di Gubeng, itu kan personelnya ada 20 petugas. Sekarang antara 30 sampai 35 petugas," pungkas Suprapto. (sun/bdh)