Ikut Tandatangan Mosi Tidak Percaya ke Bupati Faida, Sekkab: Kami Sudah Capek

Yakub Mulyono - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 15:20 WIB
mosi tidak percaya asn jember ke bupati faida
Sekkab Jember Mirfano (Foto: Yakub Mulyono)
Jember - Ratusan ASN Pemkab Jember menyatakan mosi tidak percaya ke Bupati Faida. Mosi tidak percaya itu merupakan luapan puncak kekecewaan ASN yang menilai Faida sering menabrak aturan dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Mosi tidak percaya ini merupakan kegiatan spontanitas teman-teman menyikapi kebijakan bupati yang melanggar peraturan Mendagri terkait pergantian jabatan," kata Sekretaris Kabupaten Jember, Mirfano, Rabu (30/12/2020).

"Ada 13 orang yang dimutasi, di antaranya ada yang dibebastugaskan dengan cara yang tidak prosedural," tambahnya.

Menurut Mirfano, ASN Jember sudah merasa capek terus menerus dihadapkan pada persoalan pelanggaran aturan. Dan akhirnya memuncak ketika bupati Faida kembali melakukan mutasi terhadap 13 pejabat. Padahal Mendagri sebelumnya telah mengeluarkan surat melarang kepala daerah memutasi pejabat hingga bupati terpilih dilantik.

"Kami ingin menghentikan semua. Kami ingin bagaimana tata kelola pemerintahan berjalan secara normal. Bagaimana hubungan dengan pusat baik, hubungan dengan legislatif harmonis," tukas Mirfano.

Soal dirinya yang juga disebut termasuk pejabat yang dimutasi, Mirfano mengaku tidak tahu. Sebab dia hingga saat ini belum menerima SK apa pun.

"Bu Faida hanya bilang ada SK untuk saya. Kemudian saya tanya SK apa, dia bilang masih akan dikirim," ujar Mirfano.

Mirfano sendiri termasuk salah satu pejabat yang ikut menandatangani mosi tidak percaya itu. Dia juga menolak semua SK mutasi yang dikeluarkan Faida karena dinilai melanggar surat Mendagri.

Tonton video 'DPRD Jember Ungkap Kronologi Pemakzulan Bupati Faida':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)