Plt Wali Kota Surabaya: Museum Olahraga akan Diresmikan Awal Tahun 2021

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 09:38 WIB
Museum Olahraga di Jalan Indragiri
Museum Olahraga (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Museum Olahraga yang semula digadang-gadang diresmikan akhir tahun 2020 oleh Wali Kota Risma ditunda. Pasalnya, Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana belum sempat meninjau lokasi yang sebelumnya akan diresmikan Tri Rismaharini yang saat itu menjadi wali kota.

"Nanti kita akan rapatkan khusus, kita lagi konsentrasi untuk malam Tahun Baru. Tapi sudah saya sampaikan, nanti saya akan melihat dulu. Saya belum pernah ke museum, nanti saya cek ke museum," kata Whisnu kepada detikcom di ruang kerjanya, Rabu (30/12/2020).

Rencananya, Museum Olahraga di Jalan Indragiri akan diresmikan awal tahun 2021. Sebab jika diresmikan akhir tahun ini berbarengan dengan persiapan Tahun Baru.

"Pastinya Januari, kalau akhir tahun tinggal besok, kerjanya terus mau kapan. Tapi sidaknya mulai nanti ke lokasi itu," ujarnya.

Museum Olahraga di Jalan IndragiriMuseum Olahraga di Jalan Indragiri/ Foto: Esti Widiyana

Sebelumnya, Museum Olahraga ini digadang-gadang akan diresmikan Tri Rismaharini, Rabu (23/12/2020). Namun saat itu Risma dilantik Presiden Jokowi sebagai Mensos menggantikan Juliari Batubara.

Di Museum Olahraga ini terdapat 232 koleksi dari sumbangan atlet olahraga di Surabaya. Seperti sepatu yang digunakan Evan Dimas saat final AFC U-19 tahun 2013 hingga baju jersey Persebaya Divisi Utama Liga Esia 2008-2009 milik Anang Ma'ruf.

Museum Olahraga ini memiliki dua lantai. Lantai pertama memiliki luas 400 meter persegi, sedangkan di lantai atas berluas 200 meter persegi, total 600 meter persegi. Pengerjaannya pun terbilang cepat, yakni Juli 2020.

(fat/fat)