Sampah Sempat Penuhi Sungai di Surabaya Usai Banjir, Kini Sudah Kinclong

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 29 Des 2020 16:42 WIB
sampah di sungai surabaya
Sungai di kawasan Simo yang sebelumnya penuh sampah, kini sudah bersih (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Kota Surabaya diguyur hujan deras selama 2 jam pada Senin (28/12). Hujan deras itu menyebabkan banjir di beberapa kawasan, salah satunya di kawasan Simo Rukun.

Banjir itu membawa sampah yang nyangkut dan memenuhi sungai di kawasan Simo Rukun. Banyak tumpukan sampah yang menyangkut baik di atas maupun di bawah jembatan.

Sampah yang banyak menyangkut tersebut diduga menjadi penyebab banjir pada Senin (28/12) kemarin di kawasan tersebut. Namun pada Selasa (29/12) siang, tampak kawasan sungai tersebut sudah bersih dari sampah-sampah yang menyangkut di jembatan.

Pantauan detikcom di lokasi, sampah yang yang menyangkut sudah bersih. Hanya saja masih ada sisa-sisa beberapa sampah plastik yang menyangkut di sepanjang Kali Simo Rukun, meski jumlahnya sedikit.

sampah di sungai surabayaSampah yang nyangkut di sungai kawasan Simo (Foto: Istimewa)

Salah satu warga Simo Rukun V, Tri Sulistiyo mengatakan semalam, di jalanan Simo Rukun, air dari sungai tersebut sempat meluap dan menyebabkan genangan air semata kaki.

"Kemarin ya hujan deres, tapi banjirnya gak tinggi. Ya cuma semata kaki, itu cuma di jalanan Simo Rukun aja," ujarnya kepada detikcom, Selasa (29/12/2020).

Soal sampah yang ada di Kali Simo Rukun, Tri menyebut hal itu sudah menjadi langganan selama ini.

"Kan air di sungai sini kiriman dari atas, dari Simo Gunung, terus Kali Simo Rukun ini kan dekat sama Pasar Asem, ya biasanya sampah-sampah ikut, soalnya turunnya ke sini airnya. Sudah biasa, kalau banjir memang banyak sampahnya di kalinya," terangnya.

Tri menyebut, kadang warga bersama petugas dari DKRTH bersama-sama mengambil sampah yang tersangkut. Apalagi, di dekat Kali Simo Rukun ada depo pembuangan sampah.

"Ya dibersihkan warga, kadang ada dari petugas kebersihan ikut bantu. Kebetulan di dekat ini kan depo pembuangan sampah," pungkasnya.

Tonton juga 'Banjir di Surabaya Sampai Bikin Suami Telat Jemput Istri':

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)