Gubernur Jatim Tinjau Laboratorium Intibios untuk Testing dan Tracing COVID-19

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 28 Des 2020 16:26 WIB
gubernur khofifah
Gubernur Khofifah di Laboratorium Intibios (Foto: Amir Baihaqi)
Sidoarjo -

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau persiapan pembukaan laboratorium Intibios untuk penanganan testing and tracing COVID-19 di Jalan Letjen Wahono, Juanda, Sidoarjo. Laboratorium di bawah naungan PT Intibios Persada Sejahtera itu merupakan gagasan dari mantan Menteri Perdagangan Erggartiasto Lukita dan kolaborasi sejumlah pengusaha nasional.

"Kita melakukan berbagai macam sinergi, kolaborasi. Kunci dari penanganan COVID-19 adalah bagaimana kita meningkatkan sinergi, kolaborasi, di antaranya adalah seluruh elemen yang memungkinkan bisa memberikan maksimalisasi percepatan penyebaran ini supaya segera melandai bahkan berhenti," ujar Khofifah, Senin (28/12).

Khofifah menambahkan kebutuhan screening dan percepatan tes swab ke depannya akan lebih cepat. Sebab di laboratorium Intibios ini bisa mempersingkat waktu penyediaan dan memenuhi standar biosaftey level (BSL) 2 plus dengan negative room sesuai standar WHO.

"Ada kebutuhan screening melalui laboratorium. Nah, yang disiapkan di sini ada BSL-2 plus yang bisa digunakan untuk melakukan percepatan swab dari PCR. Kita bisa membayangkan kalau keterbatasan lab PCR, bisa saja hari ini di-swab hasilnya beberapa hari berikutnya. Itu yang dulu terjadi di April-Mei," papar Khofifah.

Enggartiasto Lukita, salah satu pengusaha dan penggagas laboratorium menuturkan gagasan pendirian itu muncul setelah melihat kondisi pandemi yang semakin tak terkendali. Gagasan itu kemudian ia sampaikan ketika berkumpul bersama teman-temannya dan kemudian merealisasikan dalam bentuk layanan laboratorium.

Enggar menyebut gagasan membuat laboratorium Intibios dari kontainer juga terinspirasi dari pesan Presiden Jokowi. Dalam pesannya, Jokowi mengingatkan agar semua pihak bisa bersatu dalam menangani pandemi COVID-19.