Ruang Isolasi-IGD Overload, Dirut RSUD Sidoarjo Sebut Tak Terima Pasien COVID-19

Suparno - detikNews
Minggu, 27 Des 2020 19:50 WIB
Sidoarjo -

RSUD Sidoarjo tidak menerima pasien COVID-19 mulai hari ini, Minggu (27/12/2020). Baik itu pasien rujukan maupun pasien datang sendiri. Hal itu karena ruangan RSUD Sidoarjo overload.

Direktur RSUD Sidoarjo dr Atok Irawan mengaku langkah ini diambil setelah berkoordinasi dengan staf dan semua tenaga medis. Pihaknya juga akan melaporkan ke satuan gugus tugas COVID-19 Sidoarjo jika RSUD mengalami overload.

"Mulai hari ini RSUD Sidoarjo kembali tidak menerima pasien COVID-19. Baik itu rujukan maupun datang sendiri," kata Atok kepada detikcom saat dihubungi.

Apalagi, jelas Atok, mulai pertengan November pasien COVID-19 terus bertambah. Padahal Bulan September jumlah pasien sempat mengalami penurunan. Namun di Bulan Desember terus mengalami kenaikan secara signifikan.

"Menurunnya pasien itu sejak bulan September dan awal Oktober dengan rata-rata 60 - 70 pasien tiap hari. Namun di akhir Bulan November mengalami kenaikan. Karena diduga banyak hajatan yang tidak menerapkan protokol kesehatan," tambahan Atok.

Atok menambahkan, saat ini total pasien COVID-19 di RSUD Sidoarjo berjumlah 207 pasien. Jumlah tersebut belum termasuk, pasien yang stagnan di IGD lantai 1 sebanyak 41 pasien probable COVID-19 yang belum dapat kamar.

"Sampai kapan kami belum memutuskan, kami akan koordinasi dengan Satuan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Sidoarjo," jelas Atok.

(fat/fat)