Gubernur Khofifah Minta Media Lebih Aktif Sampaikan Pesan Prokes ke Warga

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 26 Des 2020 22:05 WIB
gubernur khofifah
Gubernur Khofifah (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta peran aktif media dalam menyampaikan pesan-pesan protokol kesehatan kepada masyarakat. Pendekatan-pendekatan oleh media kepada masyarakat sampai ke pelosok disebut Khofifah bisa dijalankan dengan melakukan pendekatan sesuai budaya lokal.

"Jika lewat Radio lokal, maka bisa disampaikan dengan bahasa daerah masing-masing," ujar Khofifah dalam acara media gathering yang bertemakan 'Antisipasi Dampak Natal dan Tahun Baru 2021 serta penanganan Covid-19', Sabtu (26/12/2020).

Pentahelix approach yang disebut Khofifah ini diharapkan bisa terus meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan sebagai salah satu kunci utama penurunan angka Covid-19 di Jatim.

Harapan ini bukan tanpa alasan. Sebagaimana diketahui, bahwa Pemprov Jatim terus melakukan pembenahan dan peningkatan sarana dan fasilitas kesehatan yang ada di Jatim.

Khofifah menjelaskan bahwa per hari ini, Sabtu (26/12) sudah ada tambahan RS Rujukan. Yang semula 127 RS, menjadi 145 RS. Dengan bed yang semula 6.611 menjadi 7001 bed. Tak hanya penambahan RS Rujukan, sebelumnya Gubernur Khofifah juga meresmikan tambahan IGD untuk penyakit menular di RS Dr. Soetomo Surabaya. Selain itu penambahan bed di berbagai rumah sakit hingga yang paling terakhir pendirian Rumah Sakit Lapangan di kawasan Ijen, Malang menjadi bukti nyata keseriusan Pemprov Jatim dalam menekan laju penyebaran Covid-19.

Melihat dari segala persiapan yang dilakukan tersebut, tentunya peran masyarakat menjadi penting. Sehingga, di akhir sambutannya, Gubernur Khofifah tak lupa mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga Protokol Kesehatan baik saat berada di dalam maupun luar rumah.

"Sampai hari ini penyebaran COVID-19 belum berhenti. Semua kesiapan yang dilakukan pemerintah, akan menjadi sia-sia jika tidak didukung dengan kepatuhan di masyarakat," pungkas Khofifah.

Turut hadir dalam Media Gathering, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto Kapolda Jatim Irjen Pol. Nico Afinta, Pangko Armada II (Laksda) TNI I.N.G Sudihartawan dan berbagai perwakilan media.

(iwd/iwd)