Pelat S Dipakai 6 Daerah di Jatim, Kendaraan Kamu Masuk Mana?

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 26 Des 2020 10:31 WIB
pelat nomor S
Pelat nomor S (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Pelat S digunakan untuk kendaraan di 6 kabupaten/kota di Jatim. Ada cara mudah untuk mengenali asal daerah kendaraan yang sama-sama menggunakan pelat S. Seperti apa?

Pelat nomor kendaraan, atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) berisi dua baris kode berupa huruf alfabet dan angka. Masing-masing huruf dan angka tersebut mempunyai arti. Baris atas berupa huruf, angka, dan huruf.

Huruf awal pada baris pertama merupakan kode wilayah tempat kendaraan bermotor didaftarkan. Kemudian nomor polisi berupa angka di bagian tengah. Huruf bagian belakang setelah nomor polisi adalah kode kabupaten/kota tempat kendaraan didaftarkan.

Sedangkan 4 angka di baris bawah menunjukkan bulan dan tahun yang menandai habisnya masa berlaku TNKB atau pelat nomor kendaraan. Pemilik wajib mengurus STNK baru sekaligus melunasi pajak kendaraan sebelum melewati masa berlaku.

Terdapat beberapa huruf kode wilayah yang digunakan banyak kabupaten/kota di Jatim. Huruf S misalnya, digunakan untuk meregistrasi kendaraan di 6 daerah sekaligus. Yaitu Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, serta Jombang. Kita biasa menyebutnya kendaraan pelat S.

"Kode S digunakan oleh wilayah eks Karesidenan Bojonegoro. Yaitu Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Mojokerto, Kota Mojokerto dan Jombang," kata Kasat Lantas Polres Jombang AKP Haris Darma Sucipto saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (26/12/2020).

Untuk mengenali asal kabupaten/kota kendaraan yang sama-sama memakai pelat S, kita cukup melihat huruf belakang pelat nomor. Karena setiap daerah diberi kode khusus yang tersemat pada huruf belakang tersebut. Hal itu berdasarkan Peraturan Direktur Lalu Lintas Polda Jatim nomor 1 tahun 2018 Tentang Petunjuk Penomoran Kendaraan bermotor di Lingkungan Polda Jatim.

Selanjutnya
Halaman
1 2