Bus di Lamongan Disemprot Disinfektan Cegah COVID-19 Selama Nataru

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 20:08 WIB
Polisi Lamongan menyemprotkan disinfektan ke bus dan kendaraan umum
Polisi Lamongan menyemprotkan disinfektan ke bus/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Polisi Lamongan menyemprotkan disinfektan ke bus dan kendaraan umum yang lewat. Upaya sterilisasi ini untuk mencegah penularan COVID-19 selama Nataru.

Petugas melakukan penyemprotan disinfektan ke kendaraan umum yang lewat di jalur poros nasional Lamongan-Babat. Penyemprotan disinfektan ini dipusatkan di Terminal Lamongan dengan meminta bus dan kendaraan umum yang lewat untuk berhenti sejenak.

"Tujuan penyemprotan cairan ini agar mencegah menyebarnya virus COVID-19 di wilayah hukum Polres Lamongan," kata Kapolres Lamongan AKBP Harun saat memimpin penyemprotan, Kamis (24/12/2020).

Pantauan detikcom, beberapa armada bus yang lewat di jalur poros nasional ini langsung masuk Terminal Lamongan dan berhenti sejenak. Saat berhenti itulah, petugas kepolisian yang sudah memakai pakaian APD lengkap kemudian melakukan penyemprotan disinfektan.

Selain armada bus, sejumlah MPU juga menjadi sasaran penyemprotan disinfektan. Begitu bus kosong, anggota Satlantas Polres Lamongan yang membawa tangki disinfektan langsung menaiki bus dan menyemprot seluruh bagian bus.

"Penyemprotan cairan disinfektan di sekitar terminal dilakukan di tempat duduk penumpang dan kendaraan," tuturnya.

Selain melakukan penyemprotan, Satlantas Polres Lamongan juga aktif melakukan sosialisasi tentang kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes). Yaitu mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Sosialisasi dilakukan pada penumpang dan juga awak bus yang berhenti ketika disemprot cairan disinfektan.

"Mematuhi protokol kesehatan menjadi vaksin paling ampuh untuk menghindari COVID-19," pungkas Harun. (sun/bdh)