Ratusan Penumpang Antre Rapid Antigen Berjam-jam di Stasiun Gubeng Surabaya

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 14:49 WIB
stasiun gubeng
Foto: Faiq Azmi
Surabaya - Penumpang Kereta Api dari Surabaya per hari ini diwajibkan menyertakan surat negatif COVID-19 berdasar rapid test antigen. Dampaknya, penumpang KA di Stasiun Gubeng Surabaya harus antre sejak pagi untuk melakukan tes antigen tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (22/12) pukul 12.30 WIB, ratusan penumpang masih tampak mengantre untuk melakukan rapid antigen di beberapa titik. Bahkan, ada penumpang yang tidak tahu bahwa persyaratan naik KA saat ini adalah rapid test antigen.

Pihak Stasiun Gubeng Surabaya sendiri menyiapkan tiga titik lokasi rapid tes antigen untuk penumpang KA yang belum memiliki surat bebas COVID-19 berdasar rapid antigen. Penumpang sendiri antre dengan duduk di kursi yang telah disediakan. Beberapa berdiri.

stasiun gubengTitik rapid antigen di Stasiun Gubeng (Foto: Faiq Azmi)

Di tiga titik itu, tampak ratusan penumpang mengantre. Awalnya mereka mendaftarkan diri mereka terlebih dahulu dengan menunjukkan tiket pemesanan KA. Lalu mereka akan menunggu panggilan untuk dilakukan rapid tes antigen. Setelah itu, penumpang menunggu hasil rapid antigen keluar.

Manager Humas PT KAI DAOP 8, Suprapto mengatakan antrean rapid test antigen di Stasiun Gubeng Surabaya dibuka sejak pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB.

"Sejak pagi ramai antrean penumpang yang hendak rapid antigen. Penumpang yang hendak rapid antigen harus menunjukkan bukti tiket mereka," terangnya.

Untuk harga sendiri, lanjut Suprapto, rapid test antigen untuk penumpang KA dipatok seharga Rp 105 ribu.

"Bagi penumpang yang mepet jadwal keberangkatannya akan diprioritaskan untuk dirapid antigen dulu agar tidak tertinggal kereta. Waktu hasil tes antigennya keluar sekitar 30 menit," pungkasnya. (iwd/iwd)