Potret Pengambilan Rapor Siswa SD di Banyuwangi dengan Sistem Drive Thru

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 13:32 WIB
Pembagian rapor di sebuah Sekolah Dasar (SD) di Banyuwangi ini terbilang unik. Pembagian rapor dilakukan dengan sistem drive thru.
Pengambilan rapor Siswa SD di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Pembagian rapor di sebuah Sekolah Dasar (SD) di Banyuwangi ini terbilang unik. Pembagian rapor dilakukan dengan sistem drive thru.

Sehingga wali murid tidak perlu turun dari sepeda motor untuk mengambil rapor anaknya. Sistem drive thru ini dilakukan untuk mencegah adanya interaksi dan kerumunan dalam rangka mencegah penyebaran virus saat pandemi COVID-19.

Hal ini dilakukan di SDN I Lateng Banyuwangi. Para wali murid tak perlu mengantri dan berkumpul. Satu per satu datang dan mengambil rapor tak perlu turun dari sepeda motor. Sebelumnya, mereka juga dicek suhu tubuh.

Kepala Sekolah SDN I Lateng Banyuwangi Lina Kamalin menyatakan, Banyuwangi saat ini kembali masuk dalam zona merah. Sehingga tidak mungkin melakukan pembagian rapor dengan mengundang wali murid. Karena hal itu bisa menimbulkan kerumunan dan berpotensi menyebarkan COVID-19.

"Saya berpikir kerumunan memang tidak boleh dilakukan di sekolah. Tapi layanan tetap harus jalan. Sehingga satu-satunya cara yang saya anggap bagus adalah layanan tetap jalan tetapi meminimalisir interaksi serta menghilangkan kerumunan," jelasnya kepada wartawan, Selasa (22/12/2020).

Ide pembagian rapor drive thru ini terinspirasi dari proses pelayanan STNK. Sehingga wali murid bisa mengambil rapor anaknya dengan tetap mengendarai sepeda motor. Wali kelas masing-masing sudah menyiapkan rapor di halaman sekolah.

Selanjutnya
Halaman
1 2