500 Hektare Lahan Pertanian di Lamongan Terendam Gegara Tanggul Jebol

Eko Sudjarwo - detikNews
Senin, 21 Des 2020 18:56 WIB
Sekitar 500 hektare lahan pertanian di Lamongan terendam luberan waduk dan jebolnya sejumlah titik tanggul. Ratusan hektare lahan tersebut berada di  4 kecamatan.
Perbaikan tanggul jebol di Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan -

Sekitar 500 hektare lahan pertanian di Lamongan terendam luberan waduk dan jebolnya sejumlah titik tanggul. Ratusan hektare lahan tersebut berada di 4 kecamatan.

Data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan, sejumlah sungai dan waduk yang meluber tersebut di antaranya ada di Desa Kedungrejo, Sambungrejo dan Sidomulyo di Kecamatan Modo, Desa Jatidrojog, Gunungrejo dan Desa Sidodadi di Kecamatan Kedungpring. Selain itu, ada juga luberan yang terjadi di Desa Latukan, Kecamatan Karanggeneng.

"Luberan di desa-desa ini selain karena di waduk, juga karena sungai yang ada di desa setempat yang tidak sanggup menampung tingginya curah hujan," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan, Muslimin kepada wartawan, Senin (21/12/2020).

Tanggul jebol, imbuh Muslimin, terdapat di Desa Pomahan Janggan Kecamatan Turi dan di Desa Gampang Sejati Kecamatan Laren. Di Desa Pomahan Janggan, tanggul yang jebol adalah tanggul Sungai Plalangan sepanjang 15 meter. Sementara di Desa Gampang Sejati adalah tanggul kali desa yang jebol di 3 titik, dengan masing-masing titik sepanjang 5 meter.

"Hujan deras pada beberapa hari terakhir ditambah derasnya debit air mengakibatkan jebolnya tanggul kali persawahan," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2