Gaun Natal Mahasiswa Ubaya di Tengah Pandemi COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 21 Des 2020 08:48 WIB
Mahasiswa Ubaya Bikin Gaun Pohon Natal, Santa Claus dan Snowman
Gaun natal di tengah pandemi COVID-19 (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya - Perayaan Natal 2020 tidak bisa dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pandemi COVID-19 masih belum usai. Namun itu bukan berarti tidak bisa berkreativitas .

Seperti mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (FIK Ubaya). Dara cantik ini membuat gaun bertajuk Natal. Yakni berbentuk Pohon Natal, Santa Claus, dan Snowman.

Dosen Mata Kuliah Kreativitas FIK Ubaya, Viviany mengatakan, pembuatan gaun bertama Natal ini bagian dari ujian akhir semester (UAS) mahasiswa semester satu. Tema yang diambil dari gaun Natal ini yakni Spirit of Christmas.

"Sesuai dengan tema tahun ini, mahasiswa FIK Ubaya ingin menghadirkan semangat Natal 2020 melalui kreativitas mereka dengan membuat karya tiga ikon natal yang unik dalam bentuk gaun. Lewat ketiga karya tersebut, mereka ingin memberikan inspirasi bagi masyarakat dengan membuat kreasi pohon natal, santa claus dan snowman yang berbeda dari biasanya dalam bentuk produk fashion," kata Vivi kepada wartawan di Perpustakaan Lantai 5, Kampus Ubaya Tenggilis, Senin (21/12/2020).

Mahasiswa yang membuat gaun Natal sebanyak 29 orang dan dibagi menjadi tiga kelompok terdiri dari 9-10 orang sesuai jumlah gaun. Desain dari gaun dibuat dengan bahan utama kain tile.

"Mereka menggunakan metode pengembangan desain yang disebut Scamper. Metode scamper ini merupakan singkatan dari Substitute, Combine, Adapt, Modify, Put to another use, Eliminate, dan Reverse. Jadi kurang lebih mahasiswa menggunakan metode-metode ini untuk menghasilkan desain dengan inspirasi tersebut," jelasnya.