Daop 8 Masih Sediakan Rapid Test On The Spot Saat Libur Nataru

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 20 Des 2020 12:04 WIB
PT KAI Daops 8 Surabaya
Foto: Esti Widiyana
Surabaya - Menjelang libur panjang Nataru, PT KAI Daop 8 Surabaya masih memberlakukan hasil rapid test atau swab yang masih berlaku. Atau menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza dari RS/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR atau Rapid Test Antibodi.

Ini mengacu pada SE Kemenhub nomor 14/2020 dan SE 9 Gugus Tugas COVID-19 tahun 2020 untuk calon penumpang. PT KAI Daop 8 hingga kini masih menyediakan rapid test antibodi on the spot. Harganya pun masih sama dan belum berganti, yakni Rp 85 ribu.

"Masih ada rapid test on the spot di stasiun kita sudah siapkan rapid test, tapi rapid test antibodi bukan antigen harganya Rp 85 ribu di wilayah PT KAI Daop 8 di 5 lokasi, Malang, Gubeng, Turi, Sidoarjo dan Mojokerto," kata Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, saat dihubungi detikcom, Minggu (20/12/2020).

Namun Suprapto tidak bisa menyebutkan jumlah rapid test yang disediakan setiap harinya. Pasalnya, pelaksanaan tes COVID-19 ini dilakukan pihak ketiga.

"Ini yang menyelenggarakan dari pihak ketiga PT Rajawali Nusa Indonesia kerja aama dengan PT KAI. Jam operasional mulai 08.00 WIB - 19.00 WIB," ujarnya.

Untuk kebijakan swab antigen, Suprapto mengatakan, KAI sampai saat ini masih menunggu keputusan lebih lanjut dari pemerintah. "Intinya kita masih tetap pada aturan lama sambil menunggu keluarnya aturan dari pemerintah," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2