Massa Muslim Malang Bersatu Tuntut Habib Rizieq Dibebaskan

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 15:31 WIB
muslim malang bersatu ngeluruk polresta malang
Massa Muslim Malang bersatu ngeluruk Polresta Malang Kota (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang -

Massa dari Muslim Malang Bersatu mendatangi Polresta Malang Kota. Mereka menuntut pembebasan Habib Rizieq dari tahanan dan pengusutan penembakan enam laskar Front Pembela Islam (FPI).

Massa sebelumnya berkumpul di kawasan masjid Ahmad Yani di Jalan Kahuripan, Kota Malang, ba'da salat Jumat. Kemudian mereka longmarch menuju Mapolresta Malang Kota di Jalan Jaksa Agung Suprapto.

Massa melakukan longmarch dengan rute melintasi pembangunan proyek Kayutangan Heritage. Massa mayoritas berbaju putih tersebut juga membawa bendera bergambar Habib Rizieq.

Kehadiran massa mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Mereka sempat berhenti di atas jembatan di Jalan Jaksa Agung Suprapto atau sisi selatan dari Mapolresta untuk menyuarakan aspirasinya.

Kawat berduri terlihat dipasang sebagai pembatas massa dengan pintu masuk Mapolresta Malang Kota. Ditengah orasi, perwakilan massa masuk ke dalam Mapolresta untuk menyampaikan tuntutannya.

Perwakilan Muslim Malang Bersatu, Nabil Mulahela, mengatakan lima poin menjadi tuntutan untuk disampaikan kepada polisi.

Yakni, pembebasan Imam Besar Habib Rizieq Shihab tanpa syarat, stop kriminalisasi ulama dan diskriminasi hukum, dan mendesak Presiden Joko Widodo serta DPR membentuk tim pencari fakta terkait tewasnya 6 laskar FPI.

Selain itu, Muslim Malang Bersatu meminta penghentian politik pecah belah dan kegaduhan politik untuk selamatkan Indonesia tercinta.

"Kami juga turut berbela sungkawa atas meninggalnya enam anggota Laskar FPI dalam tragedi tol Jakarta-Cikampek km 50 dan menuntut pembebasan Habib Rizieq tanpa syarat," kata Nabil kepada wartawan di sela aksi, Jumat (18/12/2020).

Lihat video 'Ramai-ramai Massa FPI Geruduk Polres Sumedang, Minta HRS Bebas!':

[Gambas:Video 20detik]