Rumah Pintar Jadi Solusi Belajar Anak-anak di Desa Sulit Sinyal Internet

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 15:51 WIB
Rumah Pintar Jadi Solusi Belajar Anak-anak di Desa Sulit Sinyal Internet
Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang -

Belajar daring di tengah pandemi COVID-19 sulit dilakukan anak-anak yang tinggal di desa tanpa sinyal internet. Untuk mengatasi kendala ini, Polres Jombang membuat inovasi Rumah Pintar Sinergi Peduli Anak Negeri (SIDIKI).

Rumah pintar SIDIKI salah satunya dibuat Polres Jombang di Desa Plabuhan, Kecamatan Plandaan. Di desa terpencil karena dikelilingi hutan ini minim sinyal internet.

Menempati pendapa Kantor Desa Plabuhan, rumah pintar SIDIKI dilengkapi peralatan untuk belajar daring bagi anak-anak. Mulai dari 4 perangkat komputer, monitor LCD untuk zoom meeting, hingga wifi.

"Anak-anak di perkotaan tidak ada masalah karena jaringan internetnya bagus. Namun yang di pedesaan terkendala sinyal, orang tua tak bisa belikan ponsel pintar, banyak yang gaptek. Maka kami buatkan SIDIKI ini supaya anak-anak bisa belajar di tengah pandemi," kata Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho usai meresmikan rumah pintar SIDIKI di Desa Plabuhan, Kamis (17/12/2020).

Rumah pintar di Desa Plabuhan menjadi yang kedua di Kabupaten Jombang. Rumah pintar SIDIKI pertama dibuat di Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh yang juga minim sinyal internet. Agung berjanji akan membuat fasilitas serupa di desa lainnya yang sulit sinyal internet.

"Nanti akan kami kembangkan lagi, khususnya ke desa-desa yang kesulitan perkara sinyal internet. Supaya di saat pandemi ini anak-anak masih bisa belajar secara baik, ini yang kami harapkan," tegasnya.

Rumah pintar SIDIKI buatan Polres Jombang diakui para siswa membantu mereka dalam belajar daring. Selama ini belajar online mereka terganggu lemahnya sinyal internet.

"Sangat membantu untuk mengerjakan tugas sekolah secara online. Biasanya belajar di rumah, susah sinyalnya," tandas Jesika (10), siswa kelas 5 SDN Plabuhan.

(fat/fat)