Warga Bojonegoro Gotong Royong Perbaiki Tanggul Jebol Selamatkan Persawahan

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 21:45 WIB
Tanggul Sungai Ingas di Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor jebol. Perbaikan secara manual masih dilakukan untuk meminimalisir luapan ke ratusan hektare persawahan.
Tanggul jebol di Bojonegoro/Foto: Istimewa
Bojonegoro - Tanggul Sungai Ingas di Kecamatan Kanor jebol. Perbaikan secara manual masih dilakukan untuk meminimalisir luapan ke ratusan hektare persawahan.

Perbaikan secara manual itu menggunakan ratusan karung pasir dan puluhan sesek bambu. "Masih terus kita lakukan perbaikan oleh masyarakat dan TNI, Polri, BPBD, memasang sesek bambu, terpal dan ratusan sak pasir. Karena kemungkinan sangat sulit kalau menggunakan alat berat. Karena lokasinya di tengah persawahan," terang Kades Kedungarum, Purwanto kepada detikcom, Selasa (15/12/2020).

Sedikitnya ada 60 lembar sesek bambu, 300 karung pasir, 20 lembar terpal dari BPBD Bojonegoro dan puluhan batang bambu milik warga, yang dipersiapkan untuk menutup jebolnya tanggul secara darurat.

Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto turun langsung mengecek kondisi tanggul yang jebol tersebut. Ia memberikan semangat kepada warga yang gotong royong melakukan perbaikan tanggul.

Menurutnya, mayoritas mata pencaharian warga Kecamatan Kanor ialah bertani. Jika tanggul jebol ini tak teratasi maka akan mengancam pertanian di wilayah tersebut.