Silakan Tertawa, Nama-nama Desa di Jatim Ini Unik dan Lucu

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 11:45 WIB
13 Desa di Jatim Dengan Nama Unik dan Nyleneh, Ada Pacar Peluk hingga Brondong
Salah satu desa di Jatim dengan nama unik (Foto: Tangkapan Layar)

13 Desa di Jatim Dengan Nama Unik dan Nyleneh, Ada Pacar Peluk hingga BrondongDesa di Jatim dengan nama unik dan nyleneh/ Foto: Tangkapan Layar
9. Desa Sumberdukun

Desa Sumberdukun terletak di Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan. Desa ini bukan memiliki banyak dukun, melainkan dari ceritanya, zaman dahulu terdapat dukun yang berjasa besar menemukan sumber mata air. Para penduduk menamai wilayahnya Sumberdukun sebagai penghormatan karena telah memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat.

10. Desa Pacar Peluk
Pacarpeluk merupakan sebuah desa yang ada di Kecamatan Mengaluh, Kabupaten Jombang. Desa ini terdapat empat pedukuhan atau dusun, yakni Dusun Pacar, Dusun Peluk, Dusun Soko dan Disun Tegalrejo.

11. Desa Medali
De Medali ini berada di Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Di desa ini terdapat Makam Mbah Tamyis seorang Penyiar Agama Islam di zaman Majapahit di Desa Medali, setiap malam Jumat legi masyarakat desa dibuat tawassul untuk keselamatan desa sekitar.

12. Kecamatan Dukun
Kecamatan Dukun ini berada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Letaknya di tepi Bengawan Solo, selatan berbatasan dengan Kabupaten Lamongan yang terpisah oleh Bengawan Solo.

Wilayah ini sebagian besar dataran rendah yang tidak mengandung kapur, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan tanah tersebut sebagai sawah, tambak, kebun dan lainnya. Para petani juga biasanya memanfaatkan aliran Sungai Bengawan Solo untuk mengaliri sawah mereka. Pertanian di Kecamatan Dukun juga sangat maju, pasalnya hampir setiap penduduk di Kecamatan Dukun mempunyai sawah dan komoditas terbesar mereka adalah padi dan jagung.

13. Kecamatan Brondong
Kecamatan Brondong merupakan bagian wilayah Kabupaten Lamongan yang terletak di belahan utara. Kurang lebih 50 KM dari ibu kota kabupaten Lamongan, berada pada koordinat antara 06° 53' 30,81'' - 7° 23'6'' Lintang Selatan.

Halaman

(fat/fat)