Pengacara 4 Tersangka Ancam Gorok Mahfud Md Ajukan Penangguhan Penahanan

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 14 Des 2020 17:38 WIB
mahfud md diancam gorok
Andry bersama kedua orang tua tersangka Nawawi (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Pengacara empat tersangka pengunggah dan penyebar video ancaman menggorok Mahfud Md mengajukan penangguhan penahanan kepada polisi. Pengajuan itu dilakukan setelah polisi menahan keempat tersangka.

"Dan upaya kami sebagai pengacara akan mengajukan segera mungkin penangguhan penahanan kepada keempat klien kami," terang pengacara keempat tersangka Andry Ermawan kepada detikcom, Senin (14/12/2020).

Menurut Andry, adapun alasan pengajuan itu karena para tersangka merupakan tulang punggung keluarga. Tak hanya itu, di antara mereka juga masih memili anak di bawah umur yang membutuhkan kehadiran mereka.

"Karena kami melihat dari klien kami terutama Pak Nawawi ini masih mempunyai anak kecil-kecil. Kemudian Pak Abdul Hakim masih punya bayi yang dititipkan keponakannya. Karena kalau ditahan siapa yang mengurus. Karena istrinya berada di Mekkah," jelas Andry.

Andry menambahkan surat penangguhan telah dibuat dan dilayangkan hari ini (14/12/2020). Andry berharap pengajuan penangguhan penahanan itu bisa dipenuhi oleh pihak polisi.

Dalam surat penangguhan penahanan yang diajukan, para tersangka saat ini mengaku telah menyesali semua perbuatannya. Mereka juga mengungkapkan tidak akan mengulangi perbuatan tersebut.

"Hari ini Senin kami ajukan surat penangguhan penahanannya. Mudah-mudahan dipenuhi," tandas Andry.

Sebelumnya, polisi menangkap empat orang yang menyebarkan ancaman akan menggorok kepala Menkopolhukam Mahfud Md. Keempatnya kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

Keempat tersangka ini yakni Muchammad Nawawi atau Gus Nawawi (38) Warga Dusun Warungdowo Selatan, Pohjentrek, Pasuruan; Abdul Hakam (39), warga Dusun Krajan, Grati, Pasuruan; Moch Sirojuddin (37) warga Dusun Krajan, Grati, Pasuruan dan Samsul Hadi (40) warga Dusun Rembang, Grati, Pasuruan.

Dirreskrimsus Polda Jawa Timur Kombes Gidion Arif Setyawan memaparkan keempat tersangka ini memberikan ancaman yang bersifat personal kepada Mahfud MD.

Tonton video '4 Tersangka yang Ancam Gorok Mahfud Anggota-Simpatisan FPI:

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)