Band Indie Banyuwangi Mulai Unjuk Gigi

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 14 Des 2020 16:02 WIB
Band Indie Banyuwangi Mulai Unjuk Gigi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Perlahan tapi pasti, band indie di Banyuwangi kembali bergeliat. Para musisi dari Kabupaten paling ujung Timur Pulau Jawa ini ingin kembali membangkitkan genre yang pernah hits di dekade akhir 90 hingga 2000an. Mereka tak mau kalah dengan aliran koplo maupun dangdut yang melejit dari Banyuwangi.

Hal ini terungkap saat digelar launching album band indie Banyuwangi, Teras Rumah, di Shizen Kopi, Kaliputih, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi pada Minggu malam (13/12/2020).

Samer, pemerhati musik indie mengatakan, potensi band indie di Banyuwangi semakin baik. Saat ini muncul band-band indie mulai mengeluarkan album dan lagu. Pihaknya ingin, Banyuwangi tidak hanya dikenal dengan dangdut koplo ataupun kendang kempul. Tapi juga kreativitas aliran lain yang disukai anak muda.

"Goalnya sederhana, untuk teknis acara, sebenarnya ingin ada folkfest dan melihat potensi musisi di Banyuwangi tidak hanya dalam ranah industri (seperti bergenre dangdut koplo dan semacamnya). Padahal musisi di Banyuwangi juga bermacam macam," ujarnya kepada detikcom, Senin (14/12/2020).

Kebangkitan band indie ini, kata Samer, sejak ditandai acara Langgam Langsam pada bulan September 2020 lalu.

"Kita tampil di Terakota bulan september lalu. Itu kebangkitan kembali indie di Banyuwangi. Langgam langsam adalah acara tour dari iksan skuter Jason Ranti, Bagus Dwi Danto dan Remisa. Ada juga dalent dari Banyuwangi adalah Teras Rumah ini," tambahnya.