Kota Blitar Zona Merah, Wali Kota Santoso Malah ke Yogyakarta

Erliana Riady - detikNews
Senin, 14 Des 2020 15:24 WIB
Kota Blitar masih di zona merah paparan COVID-19
Foto: Erliana Riady
Blitar -

Kota Blitar masih di zona merah. Namun Wali Kota Blitar membatalkan rapat evaluasi penanganan hari ini. Wali Kota Santoso malah ke Yogyakarta.

Kota Blitar dinyatakan zona merah sejak tanggal 7 Desember 2020. Lonjakan kasus terus terjadi dalam sepekan terakhir. Bahkan data yang masuk pada Minggu (13/12) ada tambahan kasus baru sebanyal 67. Angka ini tercatat sebagai kasus baru tertinggi yang terjadi selama pandemi COVID-19.

"67 Kasus baru itu bukan dalam sehari ya. Tapi laporan sejak tanggal 7 Desember namun baru masuk data all new record tanggal 13," jelas Ketua Harian Satgas COVID-19 Kota Blitar, Didik Djumianto saat dikonfirmasi detikcom, Senin (14/12/2020).

Meski jumlah akumulasi kasus baru selama sepekan, namun Didik mengakui jika terjadi lonjakan kasus baru sangat tinggi. Sehingga dalam pemetaan per tanggal 12 Desember 2020, Kota Blitar masih bertahan di zona merah.

Dari 21 kelurahan yang tersebar di 3 kecamatan, hanya satu kelurahan yang berada di zona oranye. Yakni Kelurahan Klampok Kecamatan Sananwetan. Sedangkan 20 kelurahan lain kondisinya zona merah.

Dalam standar operasional penanganan COVID-19, jika terjadi lonjakan kasus, maka perlu digelar rapat evaluasi yang melibatkan semua stakeholder bersama Satgas COVID-19. Namun hingga hari ini, rapat evaluasi itu belum juga dilaksanakan.

Selanjutnya
Halaman
1 2