Sekilas Jatim: Bupati Lumajang COVID-19-Habib Rizieq Tersangka Cederai Keadilan

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 23:23 WIB
Bupati Lumajang Thoriqul Haq Umumkan Dirinya Positif COVID-19
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Beberapa berita di Jawa Timur menyedot perhatian pembaca. Salah satunya Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengumumkan jika dirinya terkonfirmasi positif COVID-19 dan penetapan tersangka Habib Rizieq mencederai keadilan.

Bupati Lumajang Positif COVID-19

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengumumkan jika dirinya terkonfirmasi positif COVID-19. Dia mengumumkan kondisinya melalui video yang diunggah di twitternya @thoriqul_haq. Sebelum positif COVID-19, Thoriq aktif dalam proses evakuasi warga saat Gunung Semeru meletus, Selasa (1/12). Thoriq juga mengecek kesiapan pengungsian warga dan memastikan ketersediaan bahan makanan.

Tak hanya itu, Thoriq sempat menemani Kepala BNPB Doni Monardo, anggota Komisi VIII DPR RI Ali Taher hingga Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memantau Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro pada Kamis (3/12).

Rombongan ini juga melihat secara langsung material vulkanis akibat luncuran awan panas, yang menumpuk di Sungai Curah Kobokan, Desa Supit urang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang hingga memberikan bantuan pada warga.

Dalam unggahan video di Twitternya, Thoriq menceritakan jika dirinya melakukan dua kali tes swab.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, masyarakat Lumajang yang saya cintai. Saya ingin menyampaikan beberapa informasi penting untuk diketahui secara umum, khususnya masyarakat Kabupaten Lumajang berkenaan dengan saya yang telah melakukan dua kali tes swab," kata Thoriq dalam video yang diunggah di twitternya @thoriqul_haq yang dilihat detikcom di Surabaya, Jumat (11/12/2020).

Dari hasil swab pertama yang dilakukan Rabu (9/11), Thoriq mengatakan dirinya sempat dinyatakan negatif. Lalu, Thoriq melakukan swab ulang pada esoknya (10/12), barulah diketahui jika hasilnya positif COVID-19.

"Yang pertama hari Rabu tanggal 9 Desember, tes swab yang pertama itu saya dinyatakan negatif COVID-19, Kemudian keesokan harinya, tepatnya tadi malam saya dilakukan tes swab kedua dan hasilnya saya dinyatakan positif COVID-19," tambah Thoriq.

Thoriq menyebut jika dirinya merasa bugar dan kondisinya dalam keadaan sehat. Thoriq mengatakan dirinya kini tengah menjalani isolasi mandiri. meminta doa kepada masyarakat agar dirinya lekas diberikan kesembuhan dan bisa melayani masyarakat Lumajang seperti sediakala.

Selanjutnya
Halaman
1 2