Penampakan Seekor Buaya 2 Meter Terlihat Lagi di Sungai Porong

Suparno - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 14:09 WIB
buaya porong
Warga menunjukkan lokasi penampakan buaya (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Seekor buaya kembali menampakan diri di Sungai Porong Sidoarjo. Penampakan buaya tersebut sempat menjadi tontonan masyarakat.

Hewan melata itu muncul pada Rabu (9/12) sekitar pukul 11.00 hingga pukul 14.00 WIB. Biaya itu menampakkan diri di selatan pipa pembuangan lumpur Sidoarjo (spilway) tepatnya di Desa Pajarakan Kecamatan Jabon.

Informasi yang beredar, yang pertama kali melihat buaya sepanjang 2 meter tersebut yakni tiga orang pemancing ikan. Mereka kemudian memberitahukan kepada warga Desa Pajarakan RT 2, RW 1.

"Pertama kali yang mengetahui itu orang yang sedang mancing di Sungai Porong. Kemudian mereka memberikan kabar ke warga," kata Abdul Rohman (52), warga Desa RT 2, RW 1 Desa Pajarakan Jabon, Jumat (11/12/2020).

Mendengar kabar tersebut beberapa warga langsung mendatangi lokasi. Warga langsung mengambil gambar dan merekam penampakan buaya itu. Munculnya buaya itu sempat menjadi tontonan warga.

"Munculnya buaya sempat menjadi tontonan warga, namun saat warga akan mendekati buaya tersebut menghilang," tambah Rohman.

Hal yang sama disampaikan oleh Zumroh (42) warga Desa Pajarakan RT 2, RW 1 Kecamatan Jabon Sidoarjo yang membenarkan adanya penampakan buaya yang berwarna agak kekuning-kuningan itu. Munculnya binatang itu sebenarnya agak lama sekitar tiga jam.

"Karena ada warga yang mendekat untuk merekam penampakannya, buaya itu akhirnya menghilang," tandas Zumroh.

Sebelumnya, penampakan buaya juga pernah terlihat di Sungai Porong pada 28 Maret 2020. Penampakan buaya saat itu tidak jauh dari penampakan buaya saat ini. Seminggu sebelumnya penampakan buaya juga terlihat. Saat itu buaya yang diperkirakan sama dengan yang terlihat sekarang, menampakkan diri di bawah jembatan bekas Sungai Porong.

Sebelumnya lagi, dilaporkan juga ada penampakan buaya di Sungai Porong pada Februari 2015. Pada Mei 2015 dilaporkan juga ada penampakan buaya di Sungai Porong. (iwd/iwd)