Enam Kepala Daerah di Jatim Positif COVID-19, Tiga di Antaranya Meninggal

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 13:08 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Surabaya -

Sebanyak enam kepala daerah di Jawa Timur terpapar COVID-19. Dari data yang dihimpun detikcom, tiga di antaranya meninggal dunia.

Hari ini, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengumumkan jika dirinya terkonfirmasi positif COVID-19. Pengumuman ini disampaikan Thoriq melalui video yang diunggah di twitternya @thoriqul_haq, pagi ini pukul 06.00 WIB.

"MASYARAKAT LUMAJANG yg saya cintai. Setelah tes swab pertama, yg hasilnya NEGATIF, saya disarankan utk tes swab kedua, dan hasilnya saya POSITIF COVID-19," tulis Thoriq dalam caption twitternya yang dilihat detikcom di Surabaya, Jumat (11/12/2020).

Kini, Thoriq tengah melakukan isolasi mandiri. Dia juga menyebut kondisinya sehat dan bugar. Namun, tim dokter nanti akan memeriksa apakah Thoriq memiliki gejala klinis atau tidak. Thoriq juga meminta doa kepada masyarakat agar lekas diberikan kesembuhan.

Sebelum Thoriq, pada awal Desember, Wali Kota Malang Sutiaji mengumumkan jika dirinya positif COVID-19. Pernyataan Sutiaji ini disampaikan melalui akun instagram resminya @sam.sutiaji. Dalam unggahan video pendek berdurasi 4 menit 42 detik itu, Sutiaji menjelaskan bagaimana sampai dirinya dinyatakan positif COVID-19.

"Hasil lab kemarin malam, kami dinyatakan positif (COVID-19). Kami awalnya batasi diri sambil tunggu hasil dari beberapa pemeriksaan yang dilakukan oleh Labkesda dan RSUD. Tahapan- tahapan yang kami lakukan adalah rapid, hasilnya negatif, terus cek darah generasi check up non reaktif. Karena saya merasa badan gak enak, maka saya harus batasi diri, sehingga tidak bisa beraktifitas," kata Sutiaji seperti dilihat detikcom di akun instagramnya, Selasa (1/12/2020), siang.

Usai sepekan dirawat, Sutiaji telah dinyatakan sembuh dengan hasil swab negatif pada Senin (7/12). Sutiaji juga telah beraktivitas seperti biasa.