Tiga Rumah Warga Ponorogo Rusak Tertimpa Longsor Saat Hujan

Charolin Pebrianti - detikNews
Minggu, 06 Des 2020 13:52 WIB
Tiga Rumah di Ponorogo Kena Longsor
Longsor di Ponorogo timpa rumah warga (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)
Ponorogo -

Hujan deras mengguyur Ponorogo, membuat longsor. Longsor di Ponorogo ini menimpa tiga rumah. Di antaranya dua rumah di Desa Banaran dan satu rumah di Desa Wagir Kidul, Kecamatan Pulung.

"Karena kemarin hujannya deras, ada tiga rumah yang kena longsor sekitar sore pukul 16.00 WIB. Untungnya hanya di bagian dapur saja," tutur Kapolsek Pulung Iptu Hariyadi kepada wartawan, Minggu (6/12/2020).

Menurutnya, material longsor melubangi tembok dapur warga. Pagi ini, warga bersama anggota polisi, TNI dan BPBD melakukan pembersihan.

"Warga yang rumahnya kena longsoran pun kembali ke rumahnya masing-masing," tukasnyai.

Hariyadi menjelaskan saat kejadian, tidak ada korban jiwa. Sebab, warga sudah mengantisipasi sejak sore hari. Mereka khawatir terjadi longsor karena hujan deras.

"Rumah warga ini kan di lereng, pas sebelahnya tebing. Saat hujan deras mereka waspada takut kalau tebingnya longsor," imbuhnya.

Disinggung soal longsor Banaran tahun 2017, apakah berada di titik yang sama, Hariyadi menambahkan lokasi longsor kali ini berbeda dari titik tersebut.

"Ini titiknya berbeda dari kejadian tahun 2017 lalu," tandasnya.

Hariyadi pun mengimbau kepada warga agar terus waspada saat musim hujan apalagi tekstur tanah di lokasi pegunungan rawan longsor. Warga harus mencari lokasi yang dirasa aman dari material longsor.

"Kalau hujan deras, ya antisipasi dari warga harus ke tempat saudara yang sekitarnya aman," katanya.

(fat/fat)