Tangkap Pria yang Ancam Bunuh Mahfud Md, Polisi Dalami Keterlibatannya di FPI

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 23:23 WIB
pengancam bunuh mahfud md
Pria asal Pamekasan diamankan karena mengancam bunuh Mahfud Md (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Seorang pria asal Pamekasan, Aji Dores ditangkap karena mengancam akan membunuh Menkopolhukam Mahfud Md. Polisi menyebut tengah mendalami apakah Aji merupakan anggota FPI atau bukan.

Sebelumnya, ancaman ini dilontarkan Aji saat menggeruduk kediaman Ibunda Mahfud di Pamekasan pada Selasa (1/12). Ketua PC Ansor Pamekasan Syafiuddin mengatakan massa mengatasnamakan Umat Islam Pamekasan, namun ada yang memakai atribut FPI.

"Ada yang berbaju FPI. Ada yang bawa bendera juga. Ya mereka nyata-nyata bela Habib Rizieq, mau mengelak bagaimana. unsur itu memang ada secara atribut FPI memang ada. Bisa dilihat juga di video," ujar Syafiuddin kepada detikcom, Rabu (2/12/2020).

Saat rilis, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta mengatakan massa yang menggeruduk kediaman Ibunda Mahfud Md mengaku dari Aliansi Ulama atau Umat Islam Kabupaten Pamekasan. Mereka tidak mengatasnamakan diri sebagai anggota FPI.

"Jadi kami sampaikan yang melakukan kegiatan ini tentu tidak ada nama FPI, karena itu merupakan aliansi ulama yang melakukan kegiatan ini jadi bukan FPI," kata Nico di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Sabtu (5/12/2020).

Kendati demikian, Nico mengatakan pihaknya akan mendalami apakah pelaku memiliki kaitan sebagai anggota FPI atau tidak.

"Namun akan kami dalami apakah ada kaitanya atau tidak. Sementara pemeriksaan kami fokus ke pasal 160 dan 335 KUHP dan/atau Pasal 93 juncto Pasal 9," pungkas Nico.

Selanjutnya
Halaman
1 2