216 Personel Polisi Amankan Debat Ketiga Pilwali Kota Surabaya

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 12:09 WIB
Debat Kedua Pilwali Surabaya 2020
Debat Pilwali Surabaya kedua (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Sebanyak 216 personel dari Polrestabes Surabaya disiapkan untuk mengamankan jalannya debat terbuka ketiga Pilwali Kota Surabaya. Nantinya di lokasi, aparat akan disebar di beberapa ring penjagaan.

"Jumlah pengamanannya 216, itu kita bagi menjadi beberapa ring," kata Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya, AKP M Akhyar saat dihubungi detikcom di Surabaya, Sabtu (5/12/2020).

Akhyar mengatakan jumlah personel yang mengamankan debat ini tak sebanyak dari debat kedua pekan lalu. Hal ini berdasarkan evaluasi debat sebelumnya.

"Kalau debat kedua lebih banyak pengamanannya. Ini karena sudah melihat kondisi pengamanan sebelumnya ternyata juga tidak ada massa yang cukup besar, maka pengamanannya segitu. Ditambah tim Jibom dari Polda Jatim," papar Akhyar.

Di kesempatan yang sama, Akhyar mengimbau para Paslon tetap patuh pada peraturan KPU untuk tidak membawa massa relawan. Hal ini karena Pilkada digelar dalam pandemi COVID-19.

"Yang boleh masuk ketentuan dari KPU hanya 30 orang. Imbauannya agar para pendukung masing-masing paslon menahan diri untuk tidak datang ke lokasi. Bisa melihat secara langsung melalui siaran live di TV," pesan Akhyar.

Jika ada massa datang, Akhyar menegaskan pihaknya akan menghalau massa agar meninggalkan lokasi. "Kalau ada massa yang datang tidak boleh. Langsung diarahkan untuk meninggalkan lokasi. Kan sudah ditentukan oleh masing-masing paslon siapa saja yang boleh hadir," pungkasnya.

(hil/iwd)