WaspadaI Cuaca Buruk di Sejumlah Wilayah Jatim Hari Ini

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 08:24 WIB
bmkg juanda
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

BMKG Klas I Juanda Surabaya mengeluarkan peringatan diri terjadinya cuaca buruk di sejumlah wilayah Jawa Timur. Untuk itu, masyarakat diimbau selalu waspada.

"Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya Teguh Tri Susanto di Surabaya, Sabtu (5/12/2020).

Teguh mengatakan hujan lebat dengan petir dan angin kencang pada pagi hari diprakirakan terjadi di wilayah Bondowoso, Pamekasan, dan Sumenep.

Lalu pada siang hingga sore hari kondisi ini akan melanda Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Magetan, Kabupaten Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

"Sedangkan malam hari, kondisi ini terjadi di wilayah Surabaya, Pulau Bawean, Kabupaten Madiun, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Jember, Bangkalan dan Sampang," imbuhnya.

Sementara pada dini hari, hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di wilayah Nganjuk, Kabupaten Madiun dan Sumenep.

Untuk suhu udara berkisar di antara 15 hingga 33 °C. Lalu, kelembapan udara di angka 55 sampai 100% dan angin dominan dari Barat ke Barat Daya dengan kecepatan 05 hingga 40 km/jam.

Simak video 'Tips Agar Tetap Sehat di Musim Hujan':

[Gambas:Video 20detik]



(hil/iwd)