Warga Seberangkan Keranda Lewat Sungai Gegara Makam Dusun Terendam Banjir

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 15:55 WIB
viral keranda seberangi sungai
Warga yang seberangkan keranda melewati derasnya arus sungai (Foto: Tangkapan layar)
Gresik -

Foto warga Gresik yang menyeberangkan keranda melewati sungai berarus deras viral di medsos. Warga saat itu hendak melakukan pemakaman seorang warganya ke makam dusun sebelah.

Warga itu adalah Nenek Kasti (65), warga Dusun Gorekan Lor. Nenek Kasti meninggal pada Rabu (2/12) malam. Pemakaman kemudian dilakukan pada Kamis (3/12) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

"Iya pemakaman kemarin, hari Kamis (3/12). Meninggalnya hari Rabu (2/12) malam. Kemudian dimakamkan hari Kamis pagi sekitar pukul 09.00 WIB," kata Kepala Desa Cermenlerek Nurhadi saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (4/12/2020).



Nurhadi mengatakan setiap dusun di Desa Cermenlerek mempunyai areal pemakaman sendiri. Tetapi untuk pemakaman Dusun Gorekan Lor, perjalanannya harus ditempuh dengan melewati Kali Lamong. Jenazah nenek Kasti sendiri rencananya dimakamkan di pemakaman Dusun Gorekan Kidul.

Namun tempat pemakaman di Gorekan Kidul tak bisa digunakan karena airnya selalu menggenang jika digali karena dampak dari banjir.

"Memang makam di Dusun Gorekan Lor itu berada di seberang kali, kebetulan dalam kondisi banjir. Terus mau dimakamkan di Dusun Gorekan Kidul tapi informasi dari kepala dusun, nggak bisa digali karena airnya ngerembes, soalnya habis terendam banjir," ungkap Nurhadi.

Akhirnya diputuskan jenazah Nenek Kasti dimakamkan di pemakaman Dusun Gorekan Kidul yang tanahnya tidak menggenang. Namun untuk menuju ke sana, warga harus melewati Kali Lamong yang arusnya deras karena hujan.

Tak ada jembatan sehingga warga mau tak mau harus melewati Kali Lamong. Warga pun meletakkan sejumlah ban agar keranda bisa mengapung bila tersentuh air. Warga akhirnya bisa melewati sungai tersebut dan jenazah nenek Kasti bisa dimakamkan.

(iwd/iwd)