Ini Minuman Kolagen Halal Perpaduan Sisik Ikan dan Buah-buahan

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 08:05 WIB
Kolagen Halal dengan Perpaduan Sisik Ikan dan Buah-buahan
Minuman kolagen halal dikonsumsi (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Salah satu alumni Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Siti Nur Seha menciptakan produk minuman berkolagen yang halal. Dalam memproduksi minuman yang diberi nama Shanny ini melibatkan para ibu rumah tangga.

Melalui produk Shanny ini, Seha mampu meraih juara 1 Bidang Usaha Boga Kategori Bussines Plan dalam ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM).

"Produk saya bernama Shaany yang bergerak dalam bidang pengolahan limbah sisik ikan menjadi kolagen halal. Saya memadukannya dengan ekstrak buah-buahan, pengemasannya dalam bentuk sachet," kata Seha, Jumat(3/12/2020).

Seha mengatakan, Indonesia saat ini masih mengimpor kolagen dari negara lain. Dan beberapa produk tidak bisa dikonsumsi oleh umat muslim karena menggunakan bahan dari kulit babi, tulang dan kulit sapi.

Melihat permasalahan itu, akhirnya dibuatlah Shaany yang terbukti kehalalannya. Sebab konsentrasi kolagennya lebih tinggi dari minuman kolagen yang beredar di pasaran. Harganya sangat terjangkau dan banyak varian rasa.

Kolagen Halal dengan Perpaduan Sisik Ikan dan Buah-buahanKolagen Halal Perpaduan Sisik Ikan dan Buah-buahan/ Foto: Esti Widiyana

"Shaany merupakan wujud dari produk lokal yang ramah lingkungan. Terlebih, Shaany telah melalui berbagi pengujian di laboratorium yang sudah terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN)," ujarnya.

"Selama 14 bulan saya berjibaku untuk riset demi menemukan bahan baku yang cocok. Saat itu juga banyak cemoohan dan mengatakan saya kurang kerjaan, bahkan tak jarang komentar-komentar negatif berdatangan," jelasnya.

Sebelum produk dibuat, Seha terlebih dulu melakukan riset hingga berhasil dan mengajukan ke Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo untuk memperoleh pembinaan. Beruntungnya, Dinas Perikaan merespon dengan sangat baik dan menggratiskan berbagai pengujian risetnya.

"Akhirnya, Seya dapat memberikan solusi untuk keresahan masyarakat terhadap kehalalan kolagen. Produk Shaany merupakan wujud nyata dari kontribusi milennial untuk bangsa dan umat muslim yang pantas dibanggakan," pungkasnya.

(fat/fat)