Puting Beliung di Sumenep Tumbangkan Pohon yang Timpa Bujuk Tamoni

Ahmad Rahman - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 21:28 WIB
angin puting beliung di sumenep
Bangunan yang rusak tertimpa pohon (Foto: Ahmad Rahman)
Sumenep -

Sedikitnya enam rumah dan satu masjid rusak setelah diterjang puting beliung. Sebuah pohon juga tumbang dan menimpa bangunan wisata religi Bujuk Tamoni di Desa Batuan, Sumenep.

Kepala Desa Batuan, Lukman, mengatakan angin puting beliung disertai hujan deras datang tiba-tiba dari arah timur lalu berputar-putar ke arah barat sekitar pukul 14.00. Angin itu menumbangkan pohon yang salah satunya adalah pohon kesambi dan pohon asam tumbang yang tumbang menimpa bangunan makam Bujuk Tamoni hingga rusak parah.

"Di sini pohon kesambi dan pohon asam tumbang menimpa bangunan makam religi Bujuk Tamoni sampai rusak berat karena batang pohon melintang di atas bangunan," kata Lukman kepada detikcom, Kamis (03/12/2020).

Menurut Lukman, ada sekitar enam bangunan rumah warga di perumahan Batuan dan sebuah masjid juga rusak ringan bagian atapnya terbongkar akibat disapu angin puting beliung.

"Bangunan ada sekitar enam rumah dan sebuah masjid rusak. Rata-rata atapnya terbongkar, namun beruntung tidak ada korban jiwa," katanya.

Kepala BPBD Kabupaten Sumenep Abdul Rahman mengatakan angin puting beliung yang baru pertama kali terjadi di Sumenep terjadi di dua desa yaitu Desa Batuan dan Desa Pandian, Kecamatan Kota Sumenep.

"Di Pondok Tarate Pandian ada pohon tumbang sempat menutup jalan, sementara di Batuan ada beberapa rumah rusak ringan," kata Abdul Rahman.

(iwd/iwd)