Gubernur Khofifah Pastikan Kelengkapan EWS Gunung Semeru

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 18:36 WIB
gubernur khofifah cek kondisi gunung semeru
Gubernur Khofifah di pos pantau Gunung Semeru (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom)
Lumajang -

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan kelengkapan Early Warning System (EWS) bencana Gunung Semeru. Hal Ini dilakukan saat kunjungan di Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Semeru bersama Kapolda dan Pangdam V Brawijaya.

Khofifah mengatakan, kelengkapan EWS di sekitar lokasi bencana Gunung Semeru meletus sangat diperlukan. Hal ini mengurangi dampak riesiko bencana.

"Antisipasi secara teknis dan strategis seperti kelengkapan EWS harus ada," ujarnya kepada detikcom, Kamis (3/12/2020).

Tak hanya EWS, kata Khofifah, ketersediaan serta jaringan radio lokal dan komunitas orari di wilayah Kabupaten Lumajang bisa memberikan diseminasi informasi kepada masyarakat di lereng Gunung Semeru. Ini dilakukan guna mengurangi dampak resiko jika terjadi erupsi Gunung Semeru.

"Dan saya harap teman- teman orari dan radio lokal bisa memberikan diseminias informasi masyarakat untuk memberikan kecepatan informasi," ujar Khofifah.

Dari data Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru periode 03 Desember 2020 pukul 06.00 - 12.00 gunung Semeru mengalami guguran 11 kali dan hembusan satu kali. Status gunung semeru hingga kini masih waspada level II.

(fat/fat)